Rawan Menularkan Penyakit, Jangan Pinjamkan 5 Barang Pribadi ini ke Orang Lima barang rawan penyakit ini jangan dipinjamkan ke orang lain (foto: pixabay/kaboompics)

SERINGKALI kita suka meminjamkan barang-barang tertentu ke teman atau sebaliknya, tanpa mengetahui risiko yang terdapat di baliknya.

Ternyata beberapa barang di bawah ini jika digunakan bergantian bisa menularkan penyakit dari satu ke yang lain lo. Apa saja ya barang-barang itu?

1. Handuk

Barang Rawan Penyakit
Handuk yang lembab dan basah jadi sarang bakteri (foto: Pixabay/Alexas_Fotos)


Handuk jadi salah satu barang yang mungkin sering kamu pinjamkan ke orang lain. Padahal tahukah kamu bahwa handuk bisa jadi salah satu media penyebar penyakit. Apalagi handuk biasanya dalam keadaan lembap dan basah sehingga banyak bakteri yang menempel. Mulai sekarang lebih baik jangan pinjamkan handukmu ke orang lain deh.

2. Alat Makeup

Barang Rawan Penyakit
kuas dan spons makeup juga bisa menyebarkan penyakit (foto: pixabay/kinkate)


Para perempuan biasanya sering nih meminjam alat makeup kepada teman-temannya. Padahal dengan bergantian menggunakan alat makeup ini, penyebaran virus dan bakteri semakin besar lo! Alat makeup seperti spons dan kuas lebih baik jangan dipinjamkan deh ke teman. Kamu kan enggak pernah tahu apakah temanmu bersih atau tidak. Lebih baik hindari meminjam peralatan kosmetik daripada nanti kamu yang terkena virus dan bakteri?

3. Gunting kuku

Barang Rawan Penyakit
Tidak boleh dipakai bergantian karena kuku sumber kuman (foto: pixabay/Brett_Hondow)


Apakah kamu sering mendengar temanmu meminta untuk meminjam gunting kuku atau sebaliknya? Kalau iya, mulai sekarang jangan dipinjamkan lagi. Mengapa gunting kuku tidak boleh dipinjamkan atau dipakai bergantian? Karena kuku menyimpan berbagai macam bakteri penyebab penyakit. Bisa bayangkan enggak kalau ada teman yang memiliki penyakit dan meminjam gunting kuku milik kamu? Takutnya kamu bisa tertular penyakit yang tidak kamu ketahui.

4. Lipbalm

Barang Rawan Penyakit
Kuman dan bakteri di bibir bisa diitularkan lewat lipbalm (foto: pixabay/StockSnap)


Apapun yang menyentuh tubuhmu bisa menularkan kuman dan bakteri lo, apalagi di bibir. Walaupun temanmu tidak jorok, tapi lebih baik jangan pinjamkan lipbalm, lipstick, atau lipgloss deh. Bakteri yang ada di bibir dan mulut bisa ditularkan lewat produk kecantikan ini. Ditambah, kondisi tubuh seseorang tidak selalu sama, jadi kemungkinan kena penyakit jadi lebih besar.

5. Earphone

Barang Rawan Penyakit
Kotoran telinga bisa menempel di sini dan membuat infeksi (foto pixabay/sunawang)


Wah, barang yang satu ini pasti seringkali dipinjam sama teman. Namun mulai sekarang mendingan kamu tidak memberi pinjaman earphone karena telinga jadi salah satu bagian tubuh yang menjadi sarang bakteri.

Apalagi penggunaanya ditempelkan pada dinding telinga dan bisa membuat kotoran telingamu berpindah ke earphone.

Jika jumlah bakteri terlalu banyak maka ada kemungkinan terjadinya infeksi. Makanya meminjamkan earphone ke orang lain itu big no.

Hayo ngaku, siapa yang suka meminjamkan barang-barang di atas? Mulai sekarang lebih baik jangan meminjam atau dipinjamkan lagi ya. (sam)

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH