Rawan Longsor, Area Makam Sri Sultan Hamengku Buwono IX Dipasang Terpal Kompleks makam Raja-Raja Yogyakarta di Imogiri, Yogyakarta (Foto: BPBD DIY)

MerahPutih.Com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY memasang terpal di depan pintu masuk area makam Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX di kompleks pemakaman raja Yogyakarta di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul DIY.

Pemasangan terpal dilakukan untuk mencegah longsor di area makam Sultan HB IX kawasan Imogiri.

Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan area makam Sultan HB IX rawan longsor karena berada di dekat lokasi talud longsor.

"Wilayah yang pasangkan terpal seluas 7x50 M,"ujar Biwara di Yogyakarta, Senin 24/3).

Untuk bisa menutup seluruh jalan masuk, dibutuhkan sekitar 10 lembar terpal. Terpal dipasang untuk mencegah tanah disekitar makam rapuh akibat air hujan.

Pemasangan terpal di area Makam Sri Sultan HB IX
Pemasangan terpal di area Makam Sri Sultan HB IX di Imogiri (Foto: BPBD DIY)

Pemasangan terpal di sekitar pintu masuk area makam HB IX sudah dilakukan sejak hari Rabu 20 Maret 2019. Selain dipintu masuk makan, pihaknya juga telah selesai memasang terpal di sisi timur dan barat longsoran talud. Hal ini dilakukan agar longsor tidak meluas.

Pemprov DIY bersama BPBD Yogyakarta juga akan dibuat saluran air untuk mencegah aliran air masuk ke longsoran eksisting.

"Salurannya ditarik dari parkir timur makam baru menuju longsoran talud,"jelas dia.

Upaya lainnya Dinas PUP ESDM DIY akan membuat drainase darurat dari area terpal ke sungai terdekat. Hal ini berguna untuk mencegah air kembali merembes ke dalam tanah dan berpotensi membuat longsoran bertambah parah.

Talud penahan makam raja Yogyakarta ambrol pada Minggu 17 Maret 2019. Karena hujan lebat yang mengguyur Bantul dan sekitar. Longsor menghantam rumah warga dan pemakaman penduduk dibawahnya. Akibatnya tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: MUI Pusat Kaji Usulan Fatwa Haram untuk Game PUBG

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH