Ratusan Warga Karangasem Mulai Mengungsi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 21 September 2017
Ratusan Warga Karangasem Mulai Mengungsi
Peningkatan aktivitas Gunung Agung di Desa Temukus yaitu desa yang berjarak sekitar tiga kilometer dari puncak gunung itu di Karangasem, Bali, Kamis (21/9). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

MerahPutih.com - Sebanyak 509 jiwa warga Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali, mengungsi ke Desa Tembok dan Sambirenteng di wilayah Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Kamis, menyusul peningkatan aktivitas Gunung Agung.

Kepala Desa Tembok Dewa Komang Yudi Astara mengatakan, kebanyakan pengungsi berasal dari Desa Ban dan Dukuh yang memang berlokasi di radius dekat dengan Gunung Agung.

"Pengungsi yang berada di Desa Tembok, sebagian ditempatkan di Aula Kantor Desa Tembok, kebanyakan berasal dari Dusun Bahel dan Dusun Pandan Sari, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu," katanya.

Selain itu, beberapa pengungsi juga ditampung di rumah warga bernama Wayan Mangku Sedeng dan Nengah Bendes berjumlah lima orang dari Dusun Batu Giling, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu.

"Ada juga di rumah Wayan Suparta berjumlah 18 orang dari Dusun Batu Giling, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu," tutur dia.

Dari pihak desa sudah jauh-jauh hari setelah adanya imbauan agar melakukan upaya persiapan lokasi evakuasi pengungsi langsung melakukan koordinasi dengan BPBD Buleleng.

Pihaknya mengungkapkan, di Tejakula terdapat lima titik lokasi pengungsian bagi warga Dukuh dan Ban, Kecamatan Kubu, yang masuk dalam zona kawasan rawan bencana (KRB) III.

"Kami sudah lakukan upaya evakuasi dengan menyiapkan titik lokasi pengungsi untuk warga Dukuh dan Ban. Untuk pendataan, terus kami lakukan termasuk koordinasi dengan pihak adat dan tokoh masyarakat," papar dia.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga Kamis (21/9) tercatat data sebanyak 500 jiwa lebih yang sudah mengungsi ke Desa Tembok dan Desa Les, Kabupaten Buleleng.

Semua pengungsi berasal dari desa-desa di Kecamatan Kubu, Karangasem. Mereka pun kini sudah menempati beberapa tenda-tenda pengungsi yang sudah disediakan BPBD Buleleng dan BPBD Kabupaten lain di seluruh Bali dan anggota TNI. (*)

Sumber: ANTARA

#Gunung Agung #Pengungsi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan