Ratusan Warga Bengkulu Antusias Bantu Etnis Rohingya

Eddy FloEddy Flo - Senin, 04 September 2017
Ratusan Warga Bengkulu Antusias Bantu Etnis Rohingya
Sejumlah warga Rohingya beraktivitas di kamp pengungsian internal Sittwe, negara bagian Rakhine (ANTARA FOTO/Willy Kurniawan)

MerahPutih.Com - Krisis kemanusiaan Rohingya menggerakan solidaritas masyarakat di tanah air. Tak hanya menggelar aksi demo tapi warga Bengkulu sudah mulai bergerak melalui tindakan nyata.

Ratusan warga Bengkulu antusias memberikan bantuan dana untuk suku Rohingya yang menjadi korban konflik di Myanmar, lewat aksi "Bengkulu Peduli Rohingya".

"Atas nama apapun, pembunuhan etnis Rohingya tidak bisa dibenarkan," kata Jhonheri, salah seorang warga yang menyerahkan sumbangan dana untuk korban konflik Myanmar, Senin (4/9).

Penggalangan dana bagi korban konflik Myanmar digelar sejumlah orang dari berbagai komunitas yang bergabung dalam "Bengkulu Peduli Rohingya".

Pengumpulan sumbangan dana itu menurut Jhonheri merupakan bentuk solidaritas dan partisipasinya untuk membantu etnis Rohingya yang berusaha menyelamatkan diri dari kejaran militer Myanmar.

Warga Bengkulu lainnya, Febriansyah usai menyerahkan sumbangannya, meminta pemerintah mengoptimalkan jalur diplomasi guna melindungi etnis Rohingya agar korban jiwa tak lagi berjatuhan.

Koordinator aksi "Bengkulu Peduli Rohingya", Feri Vandalis mengapresiasi antusiasme warga untuk menyerahkan sumbangan dana bagi etnis Rohingya yang akan disalurkan melalui Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Bengkulu.

Feri Vandalis mengatakan penggalangan dana sudah dimulai sejak Minggu (3/9) sore. Di satu spot kawasan wisata Pantai Panjang saja telah terkumpul sumbangan sebesar Rp 774.500.

Pihaknya juga sudah menentukan titik pengumpulan dana sosial antara lain di Kampus Universitas Bengkulu, IAIN Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Hazairin, dan Kampus Dehasen.

Malam pengumpulan dana itu rencananya akan dihadiri Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah serta mengundang sejumlah tokoh lintas agama, termasuk agama Budha dan Konghucu.

"Kami belum menghitung semua dana yang terkumpul karena malam ini secara spontan akan digelar malam 'Bengkulu Peduli Rohingya' untuk pengumpulan sumbangan," kata Feri Vandalis.(*)

#Pengungsi Rohingya #Pembantaian Etnis #Bengkulu
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan