Ratusan Rumah di Probolinggo Terendam Banjir Rob Banjir rob dari pantauan udara, di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur. (Foto: Twitter/@Sutopo_BNPB)

MerahPutih Nasional - Ratusan rumah terendam air laut akibat banjir rob di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur. Banjir rob ini telah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BPBD Probolinggo telah melakukan pemantauan ke lokasi terdampak banjir. Masyarakat tetap di kediaman mereka meski banjir belum surut. "500 KK terendam banjir rob di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Probolinggo," demikian Sutopo melalui akun Twitter-nya, Rabu (7/6).

Sementara itu, BPBD Probolingo menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak. "BPBD akan membantu pemberian paket sembako untuk mengurangi penderitaan korban banjir rob," kata Kepala Pelaksana BPBD Probolinggo Dwijoko Nurjayadi di Probolinggo, Selasa (6/6), seperti dilansir Antara Jatim.

Selain berdampak pada aktivitas warga, banjir rob juga meruska tambak warga di pesisir pantai. Aktivitas warga yang sangat terasa bagi warga yang bekerja sebagai nelayan. Banjir memaksa mereka untuk tetap tinggal di rumah.

Banjir terjadi karena tanggul penahan air laut jebol akibat terjangan gelombang tinggi. BPBD Probolinggo tidak bisa berbuat apa-apa untuk memperbaiki selama air masih belum surut.

Langkah darurat baru bisa dikerjakan BPBD ketika air surut dengan menambal kebocoran tanggul dengan tembok karung pasir. Sementara itu menunggu, BPBD Probolinggo mengusulkan perbaikan tanggul ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BACA JUGA:

  1. Tanggul Jebol, Kawasan Pantai Mutiara Tergenang Air Laut
  2. Banjir Masih Terus Mengancam Warga Dayeuh Kolot Bandung
  3. Banjir Jakarta, Basarnas Siagakan Pasukan Khusus
  4. Senangnya Anak-Anak Saat Bermain di Genangan Banjir
  5. Banjir Melanda Ibukota dan Sekitarnya Pagi Ini

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH