Ratusan Ribu Kendaraan Masuk Jakarta Usai Liburan Panjang Idul Adha Sejumlah kendaraan pemudik mulai melintasi jalur tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (9/7). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/asf/foc/15.

MerahPutih.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 134.136 kendaraan menuju Jakarta pada Sabtu (1/8). Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier atau utama milik Jasa Marga.

Pengendara kembali melalui GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama, serta GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Baca Juga

Manajemen KRL Minta Pemudik Idul Adha Balik Jakarta Hari Ini

”Total volume lalin yang menuju Jakarta naik 14,6% dibandingkan dengan lalin normal,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru kepada wartawan, Minggu (2/8).

Rincian distribusi lalin sebagai berikut untuk arah Timur dari
GT Cikampek Utama 2 dengan jumlah 33.539 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 21,6%. GT Kalihurip Utama 2 dengan jumlah 31.939 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 19,9% dari lalin normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 65.478 kendaraan, naik sebesar 20,7% dari lalin normal. Sedangkan, arah Barat sebanyak 35.893 kendaraan, naik sebesar 0,4% dari lalin normal.

Untuk arah Selatan, jumlah kendaraan menuju Jakarta dari arah Selatan/lokal sebanyak 32.765 kendaraan, naik sebesar 21,0% dari lalin normal.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima.

Selain itu, mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak, saat berada di Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) atau rest area. Serta mengisi saldo uang elektronik yang cukup, mengisi BBM kendaraan, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

"Juga bisa beristirahat di rest area jika lelah berkendara, atau menggunakan rest area berikutnya bila rest area yang dituju padat," katanya.

Baca Juga

Polisi Imbau Pemudik Idul Adha Pulang Lebih Awal

Jasa Marga sendiri memperkirakan arus balik libur Idul Adha 1441 H terjadi pada Minggu (2/8) malam hingga Senin (3/8) dini hari.

Oleh sebab itu, pengguna jalan diminta untuk mengatur waktu perjalanan ke Jakarta dengan memperhatikan potensi-potensi kepadatan.

"Salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada hari Minggu agar terhindar dari kepadatan," pungkas Heru. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH