Ratusan Prajurit Tabur Bunga dari KRI Banda Aceh Prajurit TNI AL menabur bunga di Selat Madura. (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Sekitar 300 prajurit gabungan TNI/Polri melakukan tabur bunga di Selat Madura dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11) pagi.

Tabur bunga yang dipimpin langsung oleh Panglima Armada Kawasan Timur Laksamana Muda (TNI) Darwanto tersebut dilakukan dari atas KRI Banda Aceh.

Sebelum dilakukan tabur bunga, penghormatan juga digelar di atas dek heli KRI Banda Aceh.

"Yang bisa dipetik dari kemerdekaan ini, sudah 72 tahun merdeka. Para pahlawan telah gugur mempertahankan kemerdekaan dengan segala keterbatasannya. Kita yang hanya mengisi kemerdekaan saja, harus lebih mampu berjuang," kata Laksmana Muda TNI Darwanto.

Oleh sebab itu, Laksamana Muda TNI Darwanto berharap kepada komponen bangsa mampu membawa nilai bangsa Indonesia yang lebih baik.

"Kita malu jika mengisi kemerdekaan ini hanya dilakukan untuk berebut duniawi. Maka, kita harus membangun bangsa ini agar arwah para pahlawan yang gugur, tersenyum melihat kita," terang Darwanto.

Sekedar diketahui, kegiatan tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ini diikuti sekitar 300 prajurit gabungan, baik dari unsur TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkara Laut, serta jajaran Polri dan perwakilan forpimda pemprov Jawa Timur. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Makna Pahlawan Hari Ini bagi Ketua MPR Zulkifli Hasan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH