Ratusan PKL Kawasan Tegalega Bandung Direlokasi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 18 Oktober 2023
Ratusan PKL Kawasan Tegalega Bandung Direlokasi
PKL Tegalega Bandung. (Humas Bandung)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat tengah melakukan penataan kawasan Tegalega.

Sebanyak 207 pedagang kali lima (PKL) di Tegalega telah direlokasi ke lokasi penataan yang telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yakni di dalam Taman Tegalega.

Atas hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengapresiasi para PKL yang telah berkolaborasi dengan Pemkot Bandung.

Baca Juga:

Peci Legendaris M Iming Bandung Bertahan Satu Abad

"Saya apresiasi bahwa mereka sudah berpindah ke tempat yang telah kita rencanakan," kata Ema Sumarna saat meninjau Kawasan Tegalega, Rabu (18/10).

Ema menyebut, para PKL telah berdagang di dalam Taman Tegalega, walaupun proses penataan masih dalam pengerjaan.

"Walaupun ini belum selesai karena tenda yang nanti akan mendapatkan bantuan dari Mayora itu masih sedang berproses. Mungkin dalam waktu dekat," kata dia.

"Konsep ini sudah sesuai dengan apa yang kita rancang dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh PKL. Jadi ini sudah clear dan tadi kita sudah liat mereka sudah pindah," imbuhnya.

Namun, Ema menyebut masih ada sekitar 60 PKL yang masih berjualan di luar area Tegalega dan belum mau pindah ke lokasi penataan.

Untuk itu, Ema mengatakan akan memberikan waktu sepekan kepada para PKL untuk pindah. Apabila dalam waktu yang telah ditentukan PKL belum pindah maka, kata dia, Satpol PP akan menertibkannya.

"Hal yang menjadi persoalan kenapa masih ada 60 PKL yang masih berjualan di luar? Itu saya kasih waktu satu minggu. Saya minta itu semua beres. Kita berikan toleransi mereka bergeser ke wilayah barat yang nanti juga akan kita tata sama persis dengan apa yang ada di timur," ujarnya.

Baca Juga:

KPU Kota Bandung Bakal Gelar Kirab Pemilu 2024 Selama 7 Hari

Menurut Ema, tidak ada toleransi bagi para PKL yang tidak mau direlokasi. Karena sebelumnya, sudah ada kesepakatan antara Pemkot Bandung dan para PKL Tegalega untuk proses relokasi tersebut.

"Tidak ada toleransi mereka bertahan. Kalau tidak mau masuk konsep penataan pasti kita akan tertibkan," tegasnya.

Ema berharap, penataan PKL Tegalega dapat mewujudkan Bandung yang tertib dan nyaman bagi masyarakat.

"Jadi kalau semua itu beres yang di barat dan di timur maka kerapian dan keindahan secara bertahap akan hadir," ungkapnya.

Saat ini, PKL Kawasan Tegalega berjumlah 482 PKL. Para pedagang itu terbagi dalam 2 zona, yaitu 207 PKL Tegalega Timur (Jalan Moh Toha) dan 275 PKL Tegalega Barat (Jalan Otista).

PKL Tegalega meliputi berbagai macam dagangan, di antaranya makanan, aksesoris, sayuran, dan buah-buahan. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Gowes Persatuan Indonesia dari Tangsel - Bandung Bukti Kehadiran TNI di Tengah Rakyat

#PKL #Bandung #Kota Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan