Ratusan Pelanggar Lalu Lintas Terekam Kamera Tilang Elektronik Ilusrasi. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

MerahPutih.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membeberkan hasil penindakan hari kelima pemakaian 10 kamera canggih tilang elektronik atau Elektronic-Traffic Law Enforcement (E-TLE). Tercatat masih ada 217 pengendara roda empat yang melakukan pelanggaran.

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir menyebut kamera di kawasan Jembatan Penyeberangan Orang Ratu Plaza merekam banyak pengendara melanggar di sana. Sebanyak 48 pengendara terekam melakukan pelanggaran di sana.

"Kamera di kawasan Jalan Layang Non Tol Semanggi mendapati di sana hanya ada empat pengendara yang melakukan pelanggaran pada hari kelima di sana," kata Nasir kepada wartawan, Sabtu (6/7)

Dokumentasi pengendara melintas di dekat rambu tilang elektronik di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (9/11/2018). (ANTARA FOTO/Rivan Lingga)

BACA JUGA: Pengamat: Kalau Ingin Terbit Tilang Elektronik, Harus Semua Jenis Kendaraan Bermotor

Dia pun merinci jenis pelanggaran terbanyak yang dilakukan pengendara. Tercatat pengendara banyak tidak pakai sabuk pengamanan adalah jenis pelanggaran terbanyak.

"Ada 99 pengendara tercatat tidak pakai sabuk pengaman," ucapnya.

Di hari kelima ini pihaknya tak mendapati adanya pengendara yang mengemudi sambil memainkan telepon genggamnya. Lebih lanjut Nasir meminta kiranya para pengendara bisa terus bijak dalam mengemudi agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

BACA JUGA: Nyetir Sambil Main HP, Siap-Siap Kena Tilang Elektronik

E-TLE sendiri sebenarnya sudah diterapkan sejak 1 November 2018 lalu. Namun, kamera pada penerapan E-TLE sebelumnya hanya dilengkapi fitur pelanggaran rambu, marka jalan, dan traffic light. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH