Ratusan Pelajar SMP di Perbatasan Papua Ikut Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Ilustrasi pelajar SMP (Foto: ANTARA Foto)

Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini ikuti penyuluhan wawasan kebangsaan yang digelar Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 405/Surya Kusuma.

Sebagaimana dilansir Antara, Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif 405/SK Letkol Inf Diantoro ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Kamis mengatakan di samping mengemban tugas negara sebagai penjaga perbatasan RI-PNG, pihaknya turut serta membangun semangat generasi muda melalui penyuluhan wawasan kebangsaan.

"Wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya, Kamis (8/6).

Makna wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

"Sehingga wawasan kebangsaan sangat erat kaitannya dengan pembangunan karakter, yang merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan membentuk tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak, insan manusia, sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik berlandaskan Pancasila,"katanya.

Apalagi, pemuda adalah tulang punggung negara, karenanya masa depan suatu negara tergantung pada peran pemuda itu sendiri, sehingga ditangan pemuda jua lah ke mana negara ini akan dibawa karena pemuda memiliki prioritas utama untuk memikul tanggung jawab ini.

"Tidak dapat dipungkiri peran pemuda sangat besar bagi kemajuan suatu bangsa, karena merekalah tumpuan dan harapan bagi kelangsungan hidup suatu bangsa. Kami berharap agar para pelajar dari SMP Negeri 1 Tanah Merah dapat menunjukkan prestasi, karena dengan prestasi diri yang tinggi akan sangat berpengaruh pada keunggulan bangsa," kata Diantoro.

Sementara itu, Kepala sekolah SMP Negeri 1 Tanah Merah, Piter Yawan SIp memberikan apresiasi dan sangat mendukung kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada bapak-bapak Satgas Yonif 405 SK yang telah memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada pelajar dan guru SMP Negeri 1 Tanah Merah. Kegiatan ini menambah pemahaman tentang wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan menumbuhkan mental siswa menjadi lebih baik," katanya.

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH