Ratusan Orang Mengungsi Usai Gempa Jayapura

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 09 Februari 2023
Ratusan Orang Mengungsi Usai Gempa Jayapura
Sejumlah polisi mencari korban di reruntuhan bangunan rumah makan yang tenggelam akibat gempa bumi di Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023). ANTARA FOTO/Gusti Tanati/tom.

MerahPutih.com - Gempa bermagnitudo (M) 5,4 mengguncang Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/2).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, sebanyak 700 orang mengungsi usai gempa tersebut.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyebut, para pengungsi berada di empat titik lokasi pengungsian.

Baca Juga:

123 WNI Terdampak Gempa Turki Tiba di Ankara

"Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB merinci ada 50 KK mengungsi di Entrop Kompleks CV Thomas, selanjutnya 50 KK di BTN Kota Jayapura, kemudian 200 jiwa di Kristus Raja Dok V dan sebanyak 400 jiwa di Bhayangkara I," ujar Abdul seperti dikutip Antara.

Selain pengungsi, Pusdalops BNPB juga mencatat sedikitnya ada lima orang mengalami luka-luka terdampak gempa bumi yang berpusat di 2.60 LS dan 140.66 BT pada kedalaman 10 kilometer, kata Abdul.

Sebelumnya dikabarkan bahwa atas peristiwa gempa bumi tersebut, sebanyak empat warga meninggal dunia.

Baca Juga:

Gempa Turki Paling Ditakutkan oleh Para Ahli

Sementara kerugian material, menurut perkembangan pendataan pada pukul 18.17 WIB, meliputi dua unit rumah rusak sedang, tiga rumah rusak berat, satu ruko cafetaria Cirita roboh kemudian tenggelam, tiga gedung terdampak, RSUD Kota Jayapura rusak, satu masjid, dua gereja, dan satu unit hotel turut terdampak.

Sebagai upaya penanganan darurat bencana, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Jayapura bersama BPBD Provinsi Papua dan lintas instansi terkait telah mendirikan tenda darurat, menyediakan lokasi pengungsian, dapur umum dan memberikan dukungan dasar bagi para pengungsi. Kebutuhan yang mendesak dan dibutuhkan saat ini berupa tenda darurat dan genset untuk listrik. (*)

Baca Juga:

2 WNI Korban Gempa Dimakamkan di Turki

#Gempa Bumi #Jayapura
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan