Ratusan Koleksi Buku Unik Dipajang di Perpustakaan MPR RI Jajaran koleksi buku perpustakaan DPR RI (Foto: Merahputih.com)

Merahputih Nasional - Ratusan buku koleksi dipajang di lemari perpustakaan MPR RI. Buku-buku yang dikoleksi dan dipajang di bangunan gedung yang terletak di Basment Nusantara IV ini mayoritas buku terbitan mulai tahun 1950 an. Buku yang menjadi koleksi tersebut diantaranya adalah berjudul "Risalah Rapat, Tahun Sidang, Risalah Perbuhan Undang-Undang Dasar 1945, Himpunan Ketetapan MPR, Himpunan Peraturan Kepegawaian, dan Lembagaran Negara,".

"Ini koleksi khusus yang tidak ada di Perpus lain. Terbitannya terdiri dari tahun 50 an," kata salah seorang Pegawai Honorer penjaga perpusatkaan MPR RI, Prominensa Atyantama alias Esa saat ditemui Merahputih.com, Selasa (13/1).

Selain buku-buku di atas, masih banyak buku koleksi lain yang dipajang di bangunan seluas sekitar 200 meter lebih itu. Misalnya buku warna merah berjudul Lembaran Negara tahun 1959. Buku ini berisi tentang materi UUD 45 tantang Bahan Makanan, Pembukaan Tanah, Dadan Perusahaan dan Produksi. Undang-Undang darurat, No 1 Tahun 1959. Juga terpajang buku Peta Sejarah Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, Jawa Timur, TNI AU, dan Atlas Nasional Indonesia".

Buku-buku ensiklopedi juga cukup banyak menghiasi lemari perpusatakaan yang cukup jarang dikunjungi oleh anggota MPR, DPR dan DPD RI ini. Buku ensiklopedi tersebut diantaranya ada ensiklopedi agama, konstitusi, Al-Aur'an, Perpustakaan, Teknologi tentang Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Ensiklopedia mantan (alm) Presiden Soeharto juga tak ketinggalan menjadi hiasan di perpustakaan tersebut.

Menurut Esa, ensiklopedia mantan penguasa Orde Baru selama 32 tahun ini terbagi menjadi 20 jilid dan diterbitkan oleh Antara Pustaka Utama, Jakarta pada 208 silam. Satu jilid ensiklopedi Soeharto ini berisi sebanyak 874 halaman.

"Ini semua Ensiklopedi Presiden Soeharto," tutup Esa sambari mengatakan tidak ada ensiklopedi mantan Presiden Sukarno. Sukarno yang dipajang di Perpustakaan MPR RI ini. (hur)



Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH