Ratusan 'Kartini' Pecahkan Rekor MURI di Dasar Laut Situbondo Ratusan Perempuan Berkebaya Pecahkan Rekor MURI di Dasar Laut Situbondo. Foto: Dok Dive Kartini 214 Penyelam Wanita

MerahPutih.com - Sebanyak 214 penyelam perempuan mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut Wisata Bahari Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Kartini 2018. Aksi ini sekaligus memecahkan rekor MURI sebagai penyelam wanita terbanyak di Indonesia.

"Pantai Wisata Bahari Pasir Putih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan dipilih menjadi lokasi kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih memperingati Hari Kartini 2018, karena mayoritas penyelam perempuan ada di Surabaya, dan untuk menngumpulkan penyelam wanita tidak mudah," kata Aspotmar Kasal, Laksamana Muda Edi Sucipto usai Kegiatan Upacara Dive Kartini 214 Tahun 2018 Pramuka Bahari Lantamal V Surabaya di Situbondo, Sabtu (21/4).

Petugas penyelam perempuan pengibar bendera tidak seluruhnya dari Lantamal V Surabaya, melainkan dari komunitas penyelam lainnya seperti dari Kowal, Polwan, Possi Surabaya, Possi Malang, Possi Gresik, Poltek KP Sidoarjo, Komunitas selam Yogyakarta dan Pramuka serta komunitas lainnya.

Menurut Edi, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan mempunyai panjang pantai 91.000 km. Untuk itu, lanjut dia, tentunya Indonesia harus pula memiliki spot-spot penyelam yang sangat luar biasa.

"Oleh karena itu, kegiatan ini sebagai langkah awal bagi bangsa Indonesia bahwa olahraga penyelaman harus semakin berkembang di Indonesia," kata jenderal bintang satu itu, dilansir Antara.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Suhartaya, M.Tr.Hanla menjelaskan aksi para penyelam perempuan ini tergolong unik. Peserta yang semuanya wanita akan menyelam menggunakan kostum kebaya.

Danlanal menambahkan kegiatan ini bertujuan menambah pengetahuan, pengalaman dan mempererat tali persaudaraan para kartini-kartini muda. "Serta menjaga nama baik Banyuwangi," tegas perwira TNI AL berpangkat melati dua itu.

Dive Kartini 214 Penyelam Wanita

Sementara itu, Zefabi Adityasari, salah seorang peserta dari Saka Bhayangkara Polsek Mangaran, Situbondo mengaku bangga dan senang bisa mengikuti kegiatan Dive Kartini 2018.

"Alhamdulillah tidak ada kendala saat pelaksanaan pengibaran bendera, karena semua penyelam sehari sebelumnya latihan terlebih dahulu," tuturnya.

Dalam pantauan, selain kegiatan Dive Kartini 2018 mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut, penyelam juga menancapkan prasasti di dasar laut yang bertuliskan "Dive Kartini 214 Penyelam Wanita". (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH