Ratusan Karateka Cilik Ikuti Pelatihan Bela Negara Ratusan karateka cilik sedang mengikuti pelatihan bela negara di Jatijajar, Depok. (Merahputih.com/Noer Ardiansjah)

MerahPutih.com - Ratusan karateka cilik dari berbagai dojo (perguruan) mengikuti serangkaian pelatihan bela negara di Markas Batalyon Perhubungan Angkatan Darat (Yonhub AD) Jatijajar, Depok, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut juga melibatkan sejumlah karateka senior, di antaranya mantan atlet nasional Hasan Basri.

Komandan Yonhub AD, Jatijajar Depok, Letkol Chb William Pratomo mengatakan, kegiatan yang diikuti lebih dari 150 karateka cilik ini adalah rangkaian dari HUT Gokasi Yonhub Depok yang ke-4.

Selain itu, kata Pratomo, kegiatan tersebut juga merupakan ajang silaturahmi sekaligus dalam upaya menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan sopan santun para generasi bangsa.

"Di sini peserta kita sisipkan kecintaan terhadap negara, rasa disiplin baik itu kepada orang tua, sekolah maupun pada karate," kata Pratomo usai membuka pelatihan massal tersebut, Ahad (4/3).

Pratomo pun berharap, dengan ditanamkannya jiwa disiplin yang tinggi serta rasa kebanggaan terhadap tanah air, bibit-bibit karateka tersebut kelak dapat tumbuh menjadi seorang kesatria, berjiwa besar, dan penuh dengan tanggung jawab.

"Mereka ini adalah aset bangsa, kelak dari mereka akan lahir para pemimpin. Tentunya kami pun berharap mereka bisa berprestasi tidak hanya secara akademik, tetapi juga olahraga," katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali kota Depok Pradi Supriatna mengatakan, dengan adanya pelatihan bela negara seperti yang dilakukan perguruan Gokasi binaan Yonhub ini diharapkan, para generasi bangsa dapat tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah terhasut dengan hal-hal yang merugikan.

"Seperti kita tahu, modus kejahatan untuk memecah belah bangsa ini begitu banyak. Selain narkoba, kita juga dihadapkan pada perang siber dengan modus memunculkan berita hoax, bohong. Nah, kegiatan positif seperti ini diharapkan mampu menangkal itu semua," katanya.

Pradi pun berjanji, pihaknya dalam hal ini Pemkot Depok akan memberikan perhatian serius pada bidang olahraga khususnya karate. "Alhamdulillah, karate kita cukup membanggakan dan sempat menyumbang emas. Ini sangat bagus, karena mengharumkan kota ini," katanya.

Sementara itu, salah satu guru karate Gokasi Yonhub Depok Sinsei Sentioko menambahkan, pelatihan bela negara adalah bagian penting yang harus dimiliki seorang karateka.

"Dengan dasar-dasar kecintaan terhadap negara yang ditanamkan sejak dini, tentunya kami ingin mereka tumbuh menjadi atlet yang berjiwa nasionalis. Tidak hanya berprestasi tapi juga bangga dengan asal negaranya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna dan Komandan Yonhub AD, Letkol Chb William Pratomo mendapat penyematan sabuk warna hitam tingkat tiga, sebagai tanda kehormatan.

Prosesi sakral itu disaksikan langsung sejumlah karate senior Gokasi Yonhub di antaranya, Sinsei Jimmy, Sihan Bambang Irianto, dan Sinsei Hasan Basri, mantan atlet nasional yang sempat menyumbangkan emas ketika mengalahkan karateka Malaysia pada Sea Games 2003. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH