Ratusan Bikers Nakal Terjaring e-Tilang hanya dalam 2 Hari

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 03 Februari 2020
Ratusan Bikers Nakal Terjaring e-Tilang hanya dalam 2 Hari
Sosialiasi e-TLE oleh Ditlantas Polda Metro Jaya (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - Kepolisian berhasil menindak 341 pengendara motor yang terekam kamera E TLE. Mereka ditindak saat melintas kawasan Thamrin hingga Sudirman.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, jumlah tersebut adalah pelanggar sejak tanggal 1 hingga 2 Februari lalu.

"Jumlah pelanggaran sepeda motor yang tercapture kamera ETLE pada hari pertama sejumlah 167 pelanggaran sedangkan hari kedua sejumlah 174 pelanggaran, total pelanggaran selama dua hari sejumlah 341 pelanggaran," kata Yusuf di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2).

Baca Juga:

Mulai Oktober Polda Metro Jaya Terapkan E-TLE di Jalan Tol

Jenis pelanggaran yang paling banyak terjadi selama dua hari yaitu pelanggaran sepeda motor melintas jalur busway sejumlah 171 pelanggaran.

"Pelanggaran sepeda motor yang paling banyak terjadi selama dua hari berada di jalur busway di halte duren tiga koridor 6 Trans Jakarta dengan jumlah pelanggaran sejumlah 124 pelanggaran terdiri dari 118 pelanggaran sepeda motor melintas jalur busway dan 6 pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm," ungkap Yusuf.

Sosialiasi e-TLE oleh Ditlantas Polda Metro Jaya (MP/Kanugraha)

Yusuf mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap pengendara dengan mengenalkan 45 kamera untuk yang dipasang di atas tiang lampu merah. Nantinya, kamera tersebut akan dipasang juga di lokasi rawan pelanggaran lainnya.

"Kami cari lokasi-lokasi mana yang rawan pelanggaran. Salah satu contoh satu titik yang akan menjadi lokasi kedepannya adalah di jalan non tol layang Casablanca itu nanti akan kita pasang, rencananya di situ," ungkap Yusuf.

Sementara, Yusuf menyebut pemasangan di kawasan tersebut lantaran masih banyak pelanggaran khususnya pengendara sepeda motor yang memasuki jalur tersebut.

“Sementara kita akan lakukan dengan kamera ETLE portable, dan kita akan pasang mulai senin depan,” kata Yusuf.

Baca Juga:

Lewat Kamera Anyar e-TLE, Kendaraan yang Ngebut Bisa Ditindak

Pemakaian kamera e-TLE portable tersebut hanya bersifat sementara sebelum kamera permanen dipasang. Nantinya, pemakaian kamera portable tersebut akan dilakukan pada jam sibuk seperti pada pagi hari dan sore.

“Kita juga punya hanya satu unit jadi akan kita gilir pemakainnya, bila pada pagi hari dipasang di jalur arah tanah abang maka pada sore kita pasang sebaliknya,” jelasnya. (Knu)

#E-Tilang #Dirlantas Polda Metro Jaya
Bagikan
Bagikan