Ratusan Bank di AS Terancam Tutup

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 05 Mei 2023
Ratusan Bank di AS Terancam Tutup
Seorang wanita melintas di depan cabang First Republic Bank di Millbrae, California, Amerika Serikat, Senin (13/3/2023). ANTARA/Xinhua/Li Jianguo

MerahPutih.com - Bank-bank di Amerika Serikat (AS) memiliki kerapuhan yang tingggi. Bahkan, ada ratusan bank yang sewaktu-waktu bisa tutup menyusul 3 banlk regional yang telah gagal.

Studi tentang kerapuhan sistem perbankan AS menemukan, 186 bank lainnya berisiko gagal bahkan jika hanya setengah dari deposan mereka yang tidak diasuransikan memutuskan untuk menarik dana mereka.

Baca Juga:

Bank DKI Perkuat Digitalisasi Produk dan Layanan

"Dengan kegagalan tiga bank regional sejak Maret, dan satu lagi tertatih-tatih di tepi jurang, akankah Amerika segera melihat serangkaian kegagalan bank?" tanya laporan itu dilansir USA Today.

Bloomberg melaporkan PacWest Bancorp yang berbasis di San Francisco sedang mempertimbangkan penjualan, dengan nilainya turun dengan margin yang besar.

Pekan lalu, First Republic Bank menjadi bank ketiga yang ambruk, kegagalan bank terbesar kedua dalam sejarah AS setelah Washington Mutual, yang ambruk pada 2008 di tengah krisis keuangan. Silicon Valley Bank dan Signature Bank ditutup pada Maret.

"Bank-bank regional gagal karena kenaikan suku bunga Federal Reserve yang agresif untuk meredam inflasi telah mengikis nilai aset bank seperti obligasi pemerintah dan sekuritas yang didukung hipotek," catat laporan tersebut.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar seperempat persentase poin pada Rabu (3/5/2023) dalam langkah ke-10 berturut-turut dalam perang melawan inflasi yang cepat.

Sebagian besar obligasi membayar suku bunga tetap yang menjadi menarik saat suku bunga turun, menaikkan permintaan dan harga obligasi.

Menurut laporan tersebut, jika suku bunga naik, investor tidak akan lagi memilih suku bunga tetap yang lebih rendah yang dibayarkan oleh obligasi, sehingga menurunkan harganya.

Banyak bank meningkatkan kepemilikan obligasi mereka selama pandemi, ketika simpanan berlimpah tetapi permintaan dan imbal hasil pinjaman lemah. Bagi banyak bank, kerugian yang belum direalisasi ini akan tetap di atas kertas.

Tetapi yang lain mungkin menghadapi kerugian nyata jika mereka harus menjual sekuritas untuk likuiditas atau alasan lain, menurut Federal Reserve St. Louis.

"Penurunan baru-baru ini dalam nilai aset bank sangat signifikan meningkatkan kerapuhan sistem perbankan AS untuk menjalankan deposan yang tidak diasuransikan," tulis para ekonom dalam makalah baru-baru ini yang diterbitkan di Social Science Research Network.

Penarikan dana besar-besaran di bank-bank ini dapat menimbulkan risiko bahkan bagi deposan yang diasuransikan - mereka yang memiliki USD 250.000 atau kurang di bank - karena dana asuransi simpanan Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) mulai mengalami kerugian, tulis para ekonom.

Para Ekonom menulis, skenario ini hanya akan berjalan jika pemerintah tidak melakukan apa-apa.

"Jadi, kalkulasi kami menunjukkan bank-bank ini tentu saja memiliki risiko potensial untuk penarikan dana besar-besaran, tidak adanya intervensi atau rekapitalisasi pemerintah lainnya," tulis mereka. (*)

Baca Juga:

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga 5,75 Persen

#Resesi Ekonomi #Pemulihan Ekonomi #Bank #Inflasi
Bagikan
Bagikan