Selebritas

Ratu Elizabeth II Wafat, Selebritas Inggris dengan Gelar Kehormatan Sampaikan Belasungkawa

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 09 September 2022
Ratu Elizabeth II Wafat, Selebritas Inggris dengan Gelar Kehormatan Sampaikan Belasungkawa
Helen Mirren memerankan Ratu Elizabeth di film 'The Queen'. (foto: IMDB)

RATU Elizabeth II, dikabarkan meninggal dunia Kamis (8/9) pukul 16.30 waktu setempat. Ratu yang menduduki takhta Kerajaan Inggris selama tujuh dekade itu meninggal di usia 96 tahun. Kabar duka disiarkan langsung pihak Istana Buckingham. Demikian disebutkan CNN. Ratu Elizabeth meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia, ditemani anak dan cucu. “Ratu meninggal dalam damai,” ujar pihak Istana Buckingham dalam pernyataan resmi mereka.

Di depan Istana Buckingham, seperti dilansir BBC, massa yang menanti kabar kondisi Ratu Elizabeth menangis sedih saat kabar kepergiannya tersiar. Bendera negara di puncak istana dikibarkan setengah tiang sejak pukul 18.30, Kamis (8/9). Sebuah pengumuman resmi wafatnya sang Ratu dipasang di halaman istana.

BACA JUGA:

Ratu Elizabeth II Wafat

Tak lama setelah kabar tersiar, warga dari penjuru Inggris menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian sang Ratu. “Bersama warga negeri ini, aku amat bersedih saat mendengar kabar kepergian Yang Mulia Ratu Elizabeth,” ujar Elton John dalam sebuah unggahan Instagram, Kamis (8/9) waktu setempat.

View this post on Instagram

A post shared by Elton John (@eltonjohn)

John ialah satu dari sejumlah selebritas Inggris yang dianugerahi gelar kehormatan oleh Ratu Elizabeth. Ia menyebut Ratu Elizabeth sebagai seseorang yang menginspirasi. “Ia memimpin negeri ini melewati beberapa momen terbesar dan kelam negeri ini dengan keanggunan, penuh hormat, dan kepedulian hangat nan tulus,” imbuhnya. Sir Elton John diberi gelar oleh Ratu Elizabeth pada 19989 atas jasanya pada musik dan aktivitas sosialnya. Ia mengaku sang Ratu merupakan bagian besar dalam hidupnya hingga saat ini. “Aku akan merindukannya,” kata pelantun Tiny Dancer ini.

BACA JUGA:

Dame Helen Mirren dan Liam Neeson Pernah Bersama Selama 4 Tahun

Selebritas lainnya, Helen Mirren, yang memenangi Oscar untuk perannya sebagai Ratu Elizabeth di film The Queen (2006) juga menyampaikan penghormatan kepada mendiang Ratu. “Aku bangga menjadi seorang Elizabethan. Aku berduka untuk seorang perempuan yang dengan ataupun tanpa mahkota merupakan perwujudan kemuliaan,” katanya dalam unggahan Instagram. Mirren ditunjuk sebagai Dame oleh Ratu Elizabeth pada 2003 untuk kontribusinya pada dunia drama. Selain di The Queen, Mirren juga memerankan sosok Ratu Elizabeth pada produksi Broadway The Audience pada 2015.

View this post on Instagram

A post shared by Helen Mirren (@helenmirren)

Sementara itu, aktor lain yang juga memiliki gelar kehormatan Kerajaan Inggris, Sir Patrick Stewart mengenang mendiang Ratu melalui warisan yang ia tinggalkan. Stewart mengungkapkan betapa ia merasa bahagia saat dianugerahi gelar ’Sir’ pada 2010. “Aku berharap Ratu bisa mencapai usia 100 tahun, terlebih ia merupakan pemimpin terlama monarki. Aku rasa itu akan sempurna,” katanya. Meski harapannya tak terwujud, Stewart mengaku bersemangat menanti kiprah penerus sang Ratu. “Aku bersemangat akan apa yang akan terjadi. Pangeran Charles ialah yang pertama dalam ahli waris takhta kerajaan. Aku menanti kiprahnya,” imbuh aktor Star Trek Day ini.

BACA JUGA:

Helen Mirren Bergabung Sebagai Musuh Utama dalam Sekuel ‘Shazam!’

Setelah kepergian Ratu Elizabeth, Pangeran Charles resmi menjadi Raja Inggris dengan gelar Raja Charles III. Sementara itu, Pangeran William dan Kate Middleton berganti menjadi Duke dan Duchess of Cornwall.(dwi)

BACA JUGA:

Dampingi Helen Mirren, Lucy Liu Bergabung dalam 'Shazam! Fury of the Gods'

#Ratu Elizabeth #Kerajaan Inggris
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan