Ratu Elizabeth II Rilis Produk Gin Hasil dari Tanaman Kebunnya

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 07 Desember 2020
Ratu Elizabeth II Rilis Produk Gin Hasil dari Tanaman Kebunnya
Gin terbaru dari kediaman Ratu Elizabeth II di Sandringham Estate. (Foto: Instagram/@theroyalfamily/@sandringham1870)

SELAIN bertugas sebagai pemimpin monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat, ternyata Ratu Elizabeth II juga berjualan minuman beralkohol. Apalagi sang ratu memang diberitakan telah menyatakan cintanya pada minuman gin and Dubonnet.

Tahun 2020, sang ratu dikabarkan menghabiskan waktu liburannya di Sandringham House, Norfolk. Waktu tersebut akhirnya dimanfaatkan sang ratu dan timnya untuk mengolah hasil kebunnya menjadi minuman gin.

Baca juga:

Mau tahu Koktail Favorit Ratu Elizabeth II?

Ratu Elizabeth II Rilis Produk Gin Hasil dari Tanaman Kebunnya
Gin Sandringham terbuat dari buah Sharon, kesemek Tiongkok, dan tanaman myrtle. (Foto: The Sandrigham Shop)

"Disuling secara lokal, gin kami berisi buah Sharon, pohon kayu yang berhubungan dengan ebony yang juga dikenal sebagai Kesemek Tiongkok dan dedaunan dari tanaman myrtle," terang pihak resmi toko Sandringham.

Setiap 500ml botol gin ini dijual online seharga 50 pound sterling atau setara dengan Rp949 ribu. Minuman tersebut diproduksi oleh WhataHoot, tempat penyulingan yang awalnya diluncurkan di gudang perkebunan Sandringham tiga tahun lalu. Namun sejak saat itu dipindahkan ke fasilitas besar di bagian lain Norfolk.

Mereka juga menjelaskan bahwa buah Sharon ditanam di taman Walled dalam dinding terlindung di ujung rangkaian rumah kaca.

Serangkaian rumah kaca ini dibangun untuk merayakan kemenangan kuda pacu terkenal milik Raja Edward VII bernama Persimmon. Sementara dedaunan tanaman myrtle juga didapatkan dari perkebunan Sandringham.

Awalnya tanaman myrtle ini berasal dari potongan yang diambil dari buket pernikahan Putri Alexandra pada pernikahannya dengan Pangeran Albert Edward.

Baca juga:

Mengapa Ratu Elizabeth II Selalu Mengenakan Kalung Mutiara?

Ratu Elizabeth II Rilis Produk Gin Hasil dari Tanaman Kebunnya
Juli 2020 Buckingham Palace juga meluncurkan gin yang bahannya diambil dari taman istana. (Foto: Royal Collection Trust)

Mengutip laman Food & Wine, pada Juli 2020 Buckingham Palace juga sempat meluncurkan gin yang dikenal sebagai Buckhingham Palace Gin.

"Gin ini memiliki asal usul kerajaan yang unik dengan banyak aroma jeruk dan herbal yang bersumber dari tumbuhan yang dikumpulkan di taman Istana Buckingham," jelas toko resminya.

Bahan-bahan yang dipakai dalam proses pembuatannya ialah lemon verbena, hawthorn berry, dan daun mulberry. Ketiganya termasuk di antara 12 tanaman yang dipilih untuk membuat Buckhingam Palace Gin. Botol berukuran 700ml dengan ABV 42 persen itu dijual seharga 40 pound sterling (Rp758 ribu).

Sayangnya, kedua gin dari dua kediaman Ratu Elizabeth II itu tidak tersedia untuk dikirim ke luar negeri. Artinya, yang bisa meminumnya hanyalah mereka yang ada di Inggris saja.

Tapi setidaknya bisa jadi rekomendasi minuman ketika berkunjung ke London. Pasalnya, kapan lagi bisa menyicipi alkohol yang dibuat langsung dari kebun sang ratu? (sam)

Baca juga:

Wow, Koleksi Tiara Ratu Elizabeth II Mencapai Harga Rp176 Miliar

#Ratu Elizabeth #Ratu Inggris #Minum Alkohol #Minuman Beralkohol
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan