Ratu Elizabeth II Disemayamkan di Westminster Hall Selama Empat Hari

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 14 September 2022
Ratu Elizabeth II Disemayamkan di Westminster Hall Selama Empat Hari
Jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Istana Holyroodhouse, Edinburgh, Skotlandia, Minggu (11/9/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Alkis Konstantinidis/Pool/foc.

MerahPutih.com - Antrean warga untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II di Kateral St Giles', Edinburgh, telah ditutup. Jenazah telah diterbangkan ke London untuk dibawa ke Istana Buckhingham dan untuk selanjutnya disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari sampai Minggu, (18/9).

Pemerintah Inggris telah menetapkan mengheningkan cipta nasional selama satu menit pada Minggu (19/9) pukul 20.00, sebelum upacara pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey.

Baca Juga:

Perjalanan Peti Mati Ratu Elizabeth II Menuju London

Pemakaman Ratu Elizabeth II, pemangku takhta terlama dalam sejarah Inggris, yang meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia Kamis (08/09), dalam usia 96 tahun, akan dilaksanakan pada Senin 19 September, kata Istana Buckingham.

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II akan digelar pada pukul 11.00 di Westminster Abbey, London. Gereja bersejarah itu menjadi tempat penobatan raja dan ratu Inggris, dan tempat Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip pada 1947.

Dalam pernyataan setelah ibunya wafat, Putranya, Raja Charles III, mengatakan berpulangnya sang ibu tercinta adalah "momen kesedihan yang sangat mendalam" bagi dirinya dan bagi keluarganya.

BBC melaporkan, di tengah prosesi dan dalam penetapan Charles sebagai Raja, sejumlah orang dilaporkan ditahan. Para pegiat kebebasan berbicara mengatakan langkah polisi ini sangat memprihatinkan. Di Skotlandia, dua orang dikenakan dakwaan sementara di Oxford, satu orang ditahan.

Pria berusia 22 tahun yang ditahan di Edinburgh disebutkan karena melanggar ketertiban setelah Pangeran Andrew diteriaki saat prosesi jenazah Ratu pada Senin (12/09).

Kepolisian London mengatakan, di tengah antrean yang akan terjadi untuk persemayaman Ratu, warga berhak untuk melakukan protes. (*)

Baca Juga:

Pangeran Andrew Ambil Warisan Corgi Ratu Elizabeth II

#Ratu Inggris #Ratu Elizabeth
Bagikan
Bagikan