Ratu Belanda Terpikat 'Diplomasi Mawar' Cucu Jokowi Presiden Jokowi ajak sang cucu sambut Raja-Ratu Belanda (ANTARA/Hanni Sofia)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi turut mengajak serta cucu bontot perempuannya Sedah Mirah saat menyambut Raja dan Ratu Belanda yang berkunjung ke Indonesia. Bahkan, Sedah Mirah sempat memberikan setangkai bunga mawar kepada sang ratu saat tiba di Istana Bogor.

Pantauan di lokasi, Selasa (10/3), pasangan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti tiba di Istana Kepresidenan Bogor, sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga:

Arti Nama Sedah Mirah Cucu Ke-2 Jokowi

Mobil rombongan Ratu Maxima sesaat setelah memasuki gerbang Istana Bogor langsung diarak pasukan berpakaian adat nusantara.Setelah turun dari mobil, Raja dan Ratu Belanda bersalaman dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

kunjungan ratu belanda
Raja-Ratu Belanda disambut pasukan berbaju adat nusantara (Hanni Sofia/ANT)

Cucu Jokowi yang menanti di bawah tangga Istana sambil memegang setangkai bunga mawar. Ratu Maxima tampak tersentuh saat menerima 'hadiah diplomasi' itu dengan antusias. Bahkan, Ratu sempat melambaikan tangan saat meninggalkan Sedah.

Baca Juga:

Jokowi Bersama Ratu Belanda di Beranda Istana

Tak berhenti sampai di situ saat sesi foto bersama setelah penandatangan buku tamu kenegaraan, Sedah Mirah kembali turut serta dalam sesi foto kenegaraan. Cucu Presiden dari putrinya Kahiyang Ayu dan Boby Nasution itu mengenakan kebaya putih dan kain songket terlihat beberapa kali berinteraksi dengan Ratu Maxima.

Untuk diketahui, kunjungan kenegaraan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia tersebut membawa misi untuk peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia. Dilaporkan Antara, kunjungan kenegaraan penguasa Belanda, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima, ke Indonesia membawa empat menteri dan hampir 200 delegasi pengusaha.

Istana Kepresidenan Bogor bersiap menyambut kedatangan Raja dan Ratu Belanda
Istana Kepresidenan Bogor bersiap menyambut kedatangan Raja dan Ratu Belanda (ANT/Hanni Sofia)

Kunjungan Raja-Ratu Belanda selama 9-13 Maret 2020 itu dikhususnya untuk fokus ke Indonesia karena bukan merupakan rangkaian lawatan kenegaraan. Berdasarkan siaran pers Kemenlu, beberapa fokus utama berkait kunjungan Raja dan Ratu Belanda adalah kerja sama di bidang ekonomi, manajemen air, dan pengembangan SDM di Indonesia.

Tujuan itu tentu segaris dengan sejumlah prioritas kebijakan pemerintah Indonesia seperti pembangunan infrastruktur, pengembangan pariwisata, dan peningkatan SDM. Belanda saat ini tercatat sebagai investor terbesar dari Eropa di Indonesia dan mitra dagang terbesar kedua di Eropa.

Indonesia juga membutuhkan dukungan Amsterdam untuk Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (Comprehensive Economic Partnership Agreement/CEPA) antara Indonesia dan Eropa yang sedang dinegosiasikan.

Sebagai gambaran, Indonesia dan Belanda telah menjalin mitra komprehensif sejak 2013. Data Kemenlu RI menunjukkan pada 2019, Belanda melaksanakan 1.040 proyek investasi di Tanah Air dengan nilai 2,09 miliar dolar AS. (*)

Baca Juga:

Kisah Lukisan Ratu Juliana di Museum Basoeki Abdullah


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH