Ratna Somantri, Dalami Teh hingga ke Eropa

Rina GarminaRina Garmina - Kamis, 17 Agustus 2017
Ratna Somantri, Dalami Teh hingga ke Eropa
Pakar teh Ratna Somantri. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

SIAPA tak kenal teh? Minuman yang satu ini merupakan favorit masyarakat Indonesia. Anda pun pasti kerap menemukannya dalam keseharian.

Ngomong-ngomong soal teh, Indonesia memiliki pakar teh bernama Ratna Somantri. Di Tanah Air, pakar teh terbilang langka. Wawasan Ratna tentang teh memang tak perlu diragukan lagi. Lantaran perempuan berwajah oriental ini benar-benar fokus menggali ilmu soal teh.

Kiprah Ratna di dunia teh diawali sejak 11 tahun silam, dimulai dari Chinese tea. "Saya mulai belajar tahun 2006, dan masih terus belajar karena teh itu sangat luas sekali. Pertama kali, saya belajar di Malaysia. Awalnya waktu itu belajar tentang Chinese tea, karena saya belum mengenal bahwa teh indonesia itu sangat banyak," ucap Ratna saat ditemui Merahputih.com di Pluit Village, Jakarta Utara, (17/8).

Usai belajar tentang teh, Ratna pun kembali melebarkan sayapnya dengan membuat komunitas teh. Dari situ ia akhirnya bertemu banyak para pencinta teh dan pemilik perkebunan teh di Indonesia.

Tak puas sampai di situ, wanita yang sangat mencintai teh ini pun melanglang buana ke luar negeri. Mulai dari Asia hingga Eropa untuk memperdalam ilmu tentang teh.

"Saya sempat belajar juga ke Tiongkok, ke Hong Kong, ke Jepang, dan terakhir saya ambil di US," tambah Ratna.

Setelah menimba ilmu di berbagai negara, Ratna melihat jika indonesia punya potensi menjadi salah satu pemasok teh terbesar di dunia. Pasalnya, di Indonesia, banyak sekali terdapat kebun teh.

"Saya sempet belajar keluar. Ternyata teh itu banyak sekali. Kita lihat di indonesia kita itu kebun teh banyak, tapi orang mengenal teh cuma itu-itu aja. Dari situ ketertarikan saya mulai timbul. Dan dari situ saya melihat potensi teh di Indonesia itu sangat banyak sekali, tapi masih belum tergarap dengan baik," pungkas Ratna.

Lantaran pengalamannya, Ratna pun kini menjadi konsultan soal teh, serta kerap diminta menjadi juri di beberapa kompetisi teh. (Ryn)

Baca artikel lain tentang Ratna Somantri di sini, Mencintai Teh Asli Indonesia.

#Kafe Teh #Jamuan Minum Teh #Ratna Somantri
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan