Ratna Sarumpaet Ungkap Sosok 'Setan' yang Menyuruhnya Berbohong Terdakwa perkara penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet (MP/Kanugraha)

MerahPutih.com - Terdakwa perkara dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet mengaku sosok setan yang membisiki hingga berbohong soal lebam diwajahnya hanya ada dalam pikiran saja.

Ia menyebut tidak ada sosok lain yang memaksanya melakukan kebohongan. Hal ini dikatakan menanggapi pertanyaan Koordinator Jaksa Penuntut Umum (JPU), Daroe Tri Sadono. Di mana Daroe yang curiga bertanya siapa sebenarnya sosok 'setan' yang dimaksud Ratna membisikinya untuk melakukan kebohongan.

"Yang saudara maksud setan siapa?," kata Daroe kepada Ratna dalam Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5).

Ratna merasa kebohongan yang ia buat ini adalah perbuatan setan karena baru kali pertama ia melakukan kebohongan. Dia mengklaim selama ini tidak pernah berbohong.

Ratna Sarumpaet kembali melakukan aksi ritual salam 2 jari jelang sidang. (Foto: FJR/ PMJ)
Ratna Sarumpaet kembali melakukan aksi ritual salam 2 jari jelang sidang. (Foto: FJR/ PMJ)

"Tidak ada. Itu hanya dalam pikiran saya," jawab Ratna.

"Kesalahan yang saya lakukan, kebohongan itu untuk orang seperti saya nggak pernah bohong, itu perbuatan setan," kata Ratna menambahakan.

Ratna ditahan polisi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus hoax, 5 Oktober 2018. Aktivis perempuan itu sempat menggegerkan publik karena mengaku diamuk sejumlah orang sehingga luka-luka di wajah.

Jaksa Penuntut Umum mendakwa Ratna dengan dakwaan tunggal. Dia didakwa melanggar Pasal 14 ayat (1) UU No. 1 Thn 1946 ttg Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Thn 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Thn 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna didakwa telah membuat keonaran melalui berita bohong yang dibuatnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH