Rasa Lapar Pada Penderita Diabetes Dapat Sebabkan Kematian Rasa lapar pada penderita diabetes harus segera diselesaikan tidak boleh terlambat. (Foto: Pixabay/feelphotoz)

LAPAR adalah reaksi alamiah yang terjadi saat kita kekurangan asupan makanan. Hal yang paling sering kita alami saat kita merasa lapar biasanya lemas, pusing, tidak bisa berkonsentrasi, sempoyongan, hingga jantung berdebar-debar. Bagi orang dengan kondisi tubuh yang sehat, telat makan tidak akan membawa pengaruh besar. Namun tak demikian bagi mereka yang mengidap diabetes.

Bagi para penyandang diabetes, rasa lapar yang tak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Kaget mendengarnya? Ya, demikianlah fakta yang terjadi. Fakta tersebut diungkapkan oleh Dokter Spesialis Gizi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. dr Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K). Menurut perempuan yang akrab disapa Dokter Fia tersebut, ketika orang diabetes tidak mendapatkan asupan makanan dalam rentang waktu cukup panjang maka mereka akan mengalami hipoglikemia.

Baca Juga:

Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Diabetes

diabetes
Dr. dr. Fiastuti Witjaksoni MS, MSc, SpGK (K), Kalau mereka lapar dapat menyebabkan risiko glukosa turun atau hipoglikemia. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

"Orang diabetes gula darahnya gampang naik gampang turun. Kalau mereka lapar dapat menyebabkan risiko glukosa turun atau hipoglikemia," tuturnya. Jika mereka mengalami hipoglikemia, reaksi yang timbul yakni tubuh gemetaran, keringat dingin, hingga mau pingsan. Menurutnya, kondisi paling berbahaya yang dialami oleh penderita diabetes adalah hipoglikemia.

Apabila penderita diabetes mulai mengalami hipoglikemia, mereka harus segera mendapat penanganan. "Kalau dibiarkan tanpa penanganan dapat menyebabkan kematian dalam hitungan jam bahkan menit," tegasnya.

Dirinya mengisahkan seorang kerabatnya yang mengidap diabetes mengalami hipoglikemia saat sedang
berkendara di mobil. Kerabatnya tersebut pun menepi ke sebuah salon untuk minta tolong dibuatkan teh manis. "Tehnya lagi dibuat tiba-tiba dia menghembuskan napas terakhir. Bayangkan, secepat itu prosesnya," bebernya.

makan
Penderita diabetes harus makan sebelum tidur. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Dokter Fia menjelaskan bahwa pola makan orang diabetes dengan orang normal jauh berbeda. "Jika orang sehat disarankan untuk makan malam terakhir pukul enam atau pukul tujuh malam, orang diabetes justru dianjurkan makan sebelum tidur. Itu karena, rentang waktu antara makan malam dan makan pagi cukup panjang. Hal tersebut juga untuk menghindari hipoglikemia," jelasnya.

Makanan yang dikonsumsi tidak boleh mengandung gula tinggi tetapi gula rendah. Itu karena saat mengonsumsi makanan yang terlalu manis, insulin akan keluar banyak. Gula yang ada di dalam darah akan masuk ke dalam sel. "Itu bisa menyebabkan drop," ucapnya. Makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes misalnya buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain-lain yang tak mengandung terlalu banyak gula. (avia)

Baca Juga:

6 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH