Kaleidoskop 2017

Rapor Merah Luis Milla Bersama Timnas Indonesia

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 15 Desember 2017
Rapor Merah Luis Milla Bersama Timnas Indonesia
Pelatih timnas Indonesia U-23 Luis Milla (kiri) memberi pengarahan pada latihan menjelang pertandingan dengan Mongolia pada turnamen Internasional Aceh World Solidarity 2017 di Banda Aceh, Aceh. Foto:

MerahPutih.com - PSSI memilih Luis Milla Aspas sebagai pelatih timnas Indonesia senior dan U-23 pada Februari 2017. Milla merupakan mantan pemain Barcelona, Real Madrid, dan Valencia.

Pernah menjadi bagian dari dua klub raksasa La Liga menambah daya tarik Milla. Apalagi, entrenador berusia 51 tahun itu pernah membawa timnas Spanyol U-21 yang saat itu diperkuat David de Gea, Bojan Krkic, serta Pedro menjuarai Piala Eropa U-21.

Kegemilangan Milla bersama La Roja membuat induk sepak bola nasional itu menjatuhkan pilihan kepada bekas pelatih Real Zaragoza itu. Kehadiran Milla tentu diharapkan membawa efek positif dan gaya permainan ala Spanyol ke skuat Garuda.

Setelah resmi didapuk sebagai pelatih timnas, Milla dibebankan dengan target yang sangat berat yakni meraih medali emas SEA Games 2017, meloloskan timnas U-23 ke Piala Asia U-23 serta masuk empat besar Asian Games 2018.

Beban yang berat membuat Milla harus jeli melihat kemampuan para pemain muda di tanah air. Ia selalu memantau perkembangan anak asuhnya yang berlaga di kompetisi Liga 1. Selain itu, skuatnya juga mendapatkan tambahan satu pemain naturalisasi yakni Ezra Walian.

Debut Milla bersama timnas U-23 berjalan buruk. Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan dikalahkan Myanmar dengan skor 3-1. Hasil negatif itu membuat jajaran kepelatihan berbenah.

Catatan manis akhirnya menghampiri pasukan Luis Milla. Bermodalkan kombinasi pemain senior dan U-23, Indonesia mampu menang 2-0 ketika berhadapan dengan Kamboja di kaga uji coba.

Inkonsistensi timnas U-23 kembali terjadi di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23. Pasukan Merah Putih gagal lolos ke putaran final setelah hanya menempati posisi ketiga klasemen akhir Grup dengan empat poin. Yang lebih parahnya lagi, Indonesia dipecundangi Malaysia tiga gol tanpa balas.

Usai gagal di Kualifikasi Piala Asia U-23, timnas U-23 menatap ke perhelatan SEA Games 2017. Permainan Rahmat Irianto di event dwitahunan tersebut tidak terlalu buruk kendati hanya menempati posisi runner-up Grup.

Sayangnya, harapan untuk mendulang medali emas kandas ditangan Malaysia. Indonesia takluk dengan skor 1-0 di laga semifinal. Beruntung, Indonesia mendapatkan medali perunggu setelah menghempaskan Myanmar dengan skor 3-1.

Rapor merah Milla

Kegagalan di SEA Games 2017 memang menjadi tamparan keras bagi PSSI. Sebab, PSSI mendatangkanh Milla demi bisa menggondol medali emas yang sudah tak pernah diraih pasukan Garuda sejak tahun 1991.

Meskipun mendapat perunggu, permainan timnas U-23 tidak terlalu memuaskan. Ditambah dengan sikap para pemain yang emosional dan berujung pada hukuman dari pengadil.

Menjelang tutup tahun, lagi-lagi, Milla bersama anak asuhnya gagal mempersembahkan piala saat berlaga di turnamen Aceh World Solidarity Cup 2017.

Timnas Indonesia. Foto: PSSI

Meraih dua kemenangan di dua laga awal, Septian David dan kawan-kawan justru kalah tipis 0-1 dari Kirgiztan. Hasil tersebut semakin membuktikan jika Milla belum mampu menghadirkan permainan yang baik bagi timnas.

Sebagai pencinta sepak bola, masyarakat tanah air berharap tahun depan Milla bisa membawa timnas tampil lebih baik. Pasalnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games dan timnas mengikuti Piala AFF. (adk)

#Luis Milla #Iimnas Indonesia #Timnas Indonesia U-23
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan