Rapid Test Digelar di Barak Pengungsi Merapi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 09 November 2020
Rapid Test Digelar di Barak Pengungsi Merapi
Rapid Test pengungsi merapi. (Foto: BPBD Sleman).

MerahPutih.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta menerapkan protokol kesehatan untuk pengungsi lereng Gunung Merapi. Salah satu langkah yang ditempuh adalah menggelar rapid test di barak pengungsian Desa Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Koordinator Bidang Operasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Endro Sambodo menjelaskan, rapid test digelar untuk para relawan Senin (7/1) pagi.

"Yang jelas sesuai prosedur mulai dari memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak itu terus kami tekankan," kata Endro di Yogyakarta.

Baca Juga:

372 Ribu Penderita Corona Berhasil Sembuh

Ia melanjutkan, BPBD turut memasang bilik-bilik segi empat bersekat berukuran 2 meter x 3 meter dengan tinggi 2 meter dilokasi pengungsi Masing-masing bilik diperuntukkan untuk satu KK.

"Satu bilik diisi satu KK yang rata-rata terdiri empat orang. Sudah cukup lega, dan privasinya juga terjaga," kata dia.

Barak pengungsian yang ada di Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan hanya diisi lima puluh persen atau sekitar 146 orang dari kapasitas normal 300 orang.

Mereka yang ada dipengungsian adalah kelompok rentan yang terdiri atas balita, ibu hamil, lansia, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), dan disabilitas. Seluruh pengungsu sudah ada di Balai Desa sejak Sabtu (5/11).

Menurut Endro, evakuasi terhadap warga lainnya di kawasan rawan bencana (KRB) III atau lima kilometer dari puncak Gunung Merapi dilakukan apabila status naik menjadi awas.

Kasubag Humas dan Protokoler Pemkab Sleman Savitri Nurmala Dewi menjelaskan, total ada 44 orang yang ikut rapid test. Hasilnya satu orang reaktif namun dalam kondisi sehat.

"Yang bersangkutan tanpa gejala. Besok kami akan lakukan test swab pada dia," katanya. (Teresa Ika/ Yogyakarta).

Baca Juga:

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Ketahui 4 Dampak Negatif dari Abu Vulkanis

#Gunung Merapi #Letusan Gunung Merapi
Bagikan
Bagikan