Rapat Paripurna DPR Sahkan Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 21 November 2023
Rapat Paripurna DPR Sahkan Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI
Tangkapan layar - Jenderal TNI Agus Subiyanto saat foto bersama pimpinan DPR RI dalam Rapat Paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024, Jakarta, Selasa (21/11/2023). (ANTARA/Mela

MerahPutih.com - DPR RI mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna yang digelar pada Selasa (21/11).

Jenderal Agus Subiyanto akan menggantikan posisi Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun 26 November 2023.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani. Kegiatan itu diikuti 294 anggota DPR dari seluruh fraksi yang ada di Senayan.

Baca Juga:

DPR Gelar Sidang Paripurna Persetujuan KSAD Agus Jadi Panglima TNI

Mulanya, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid melaporkan hasil fit and propert test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

"Komisi I memutuskan menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya. Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI," kata Meutya.

Baca Juga:

Penetapan Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Digelar Besok

Politikus Golkar itu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan kerja produktif.

"Komisi I berharap rapat paripurna hari ini dapat menetapkan persetujuan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI," ujarnya.

Selanjutnya, Puan Maharani menanyakan kepada seluruh anggota DPR soal hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

"Apakah pemberhentian dengan hormat Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dan persetujuan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dapat disetujui?" tanya Puan.

"Setuju," jawab peserta rapat. (Pon)

Baca Juga:

Calon Panglima TNI Sebut Ada Sanksi Tegas Bagi Prajurit yang Tak Netral di Pilpres 2024

#Breaking #Panglima TNI
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan