Rangkuman MotoGP Spanyol Jerez 2022, Simak di Sini

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 02 Mei 2022
Rangkuman MotoGP Spanyol Jerez 2022, Simak di Sini
Rangkuman GP Spanyol Jerez 2022. (Foto: MotoGP)

GELARAN MotoGP Spanyol 2022 di Sirkuit Jerez telah usai digelar pada Minggu (2/5) kemarin dengan Francesco Bagnaia berhasil keluar sebagai pemenang. Dirinya menampilkan kecepatan yang luar biasa hingga tak mampu dikejar oleh Fabio Quartararo sekalipun yang tampil solid sepanjang akhir pekan.

Pembalap Lenovo Ducati Team yang akrab disapa Pecco tersebut berhasil meraih pole position atau posisi paling depan pada sesi kualifikasi, lebih cepat sekitar setengah detik dari Fabio Quartararo. Hasil positif Pecco pada GP Spanyol kemarin menjadi semangat baru untuk bangkit usai awal musim yang buruk.

Pecco gagal finish pada balapan pertama musim 2022 di Sirkuit Lusail, finish ke-15 pada GP Indonesia, kelima pada GP Argentina, kembali finish kelima pada GP Amerika, finish kedelapan pada GP Portugal, dan baru memenangi balapan pada GP Spanyol kemarin.

Baca juga:

Begini Spesifikasi Motor MotoGP, Bisa Tembus 350 km/jam

Pecco Bagnaia berhasil bangkit dari keterpurukan. (Foto: MotoGP)

Sementara pemimpin klasemen Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha yang tampil cukup solid sepanjang akhir pekan tak mampu mengimbangi kecepatan Pecco hingga hanya mampu finish di posisi kedua. Namun dirinya masih memegang kunci puncak klasemen dengan koleksi 89 poin.

Sementara Aleix Espargaro yang sepanjang balapan tak tampil begitu menonjol mampu mencuri kesempatan dari pertarungan sengit antara Marc Marquez dan Jack Miller. Setelah Marc Marquez melebar pada empat putaran terakhir dirinya langsung mengambil celah di tikungan dan segera membuat jarak dengan Marquez dan Miller yang masih bertarung.

Marc Marquez yang tak tampil begitu meyakinkan sepanjang akhir pekan berhasil mengamankan posisi keempat setelah upaya penyelematan yang luar biasa di tikungan ke-13 saat dirinya disalip Espargaro. Marquez sempat tercecer ke posisi kelima pada putaran terakhir, namun pada beberapa tikungan menjelang garis finish Marquez berhasil memanfaatkan kesalahan Miller yang sedikit melebar dan mengamankan posisi.

Baca juga:

MotoGP, Olahraga Mahal Hingga Miliaran Rupiah

Marc Marquez berhasil lakukan upaya penyelamatan yang sempurna. (Foto: MotoGP)

Sementara dua pembalap Suzuki Joan Mir dan Alex Rins tak mampu mengerahkan performa maksimal dari GSX-RR 2022. Mir hanya mampu finish di posisi keenam dan rekan setimnya Alex Rins hanya mampu finish di posisi ke-19 usai hasil kualifikasi yang buruk.

Proses adaptasi Maverick Vinales dengan motor Aprilia RS-GP 2022 nampaknya belum membuahkan hasil sebagaimana dirinya masih belum mampu menunjukkan performa maksimal dan hanya finish di posisi ke-14. Vinales masih terus berjuang dengan time attack bersama motor tersebut untuk mendulang hasil kualifikasi yang baik.

Adapun Takaaki Nakagami yang tampil cukup konsisten sepanjang akhir pekan hingga pada saat balapan berhasil finish di posisi ketujuh dan keluar sebagai juara satu untuk kategori tim independen. (waf)

Baca juga:

Kontrak Bersejarah Helm Indonesia Mejeng di Kepala Pembalap MotoGP

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan