Rangkaian Acara Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi Presiden Jokowi. Foto: Setkab

MerahPutih.com - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar Sidang Tahunan pada Jumat (16/8) pagi. Kegiatan protokoler sudah disiapkan.

Kabiro Humas Sekretariat Jenderal MPR Siti Fauziah mengatakan, pukul 07.00 penerimaan dan penyaluran anggota MPR dan tamu undangan dimulai.

Baca Juga: DPR Siap Selenggarakan Sidang Tahunan Jelang HUT ke-74 RI

Penerimaan anggota dan tamu undangan itu dibagi tiga, yakni penerimaan, penyaluran dan penempatan Anggota MPR serta tamu/undangan ke tempat duduk yang telah ditentukan di Ruang Sidang Paripurna, Penerimaan dan penempatan Pimpinan MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua Lembaga Negara lainnya (BPK, MA, MK, KY) di Ruang Tunggu Utama Lantai Dasar, Penerimaan para Wakil Ketua DPR, para Wakil Ketua DPD, dan para istri Wakil Ketua MPR menuju tenda VIP di lantai 3 Gedung Nusantara.

"Sedang para istri Wakil Ketua DPR dan Wakil Ketua DPD langsung diarahkan menuju tempat duduk di Blok B," kata Siti dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (16/8).

Kesibukan untuk menerima tamu tidak hanya terjadi di pintu masuk Ruang Sidang Paripurna Lantai III Gedung Nusantara. Di Lantai I Gedung Nusantara Presiden dan Wakil Presiden disambut kedatangannya.

Pada Pukul 07.55, Ketua MPR dan para Wakil Ketua MPR, didampingi Sesjen MPR menuju pintu utama Gedung Nusantara bersiap menyambut kedatangan Wakil Presiden RI beserta Ibu Hj.Mufida Jusuf Kalla. Tepat Pukul 07.57, Wakil Presiden RI beserta Ibu Hj.Mufida Jusuf Kalla tiba di tangga depan Gedung Nusantara disambut Ketua MPR didampingi Sesjen MPR dan Karosetpim MPR, kemudian di pintu utama Gedung Nusantara disambut para Wakil Ketua MPR, selanjutnya menuju Ruang Tunggu Utama lantai dasar.

Gedung MPR/DPR

Pada pukul 08.05, sesuai jadwal yang ada, Presiden beserta Ibu Hj.Iriana Joko Widodo tiba di tangga depan Gedung Nusantara disambut Ketua MPR didampingi Sesjen MPR dan Karosetpim MPR, kemudian di pintu utama Gedung Nusantara disambut para Wakil Ketua MPR, selanjutnya menuju Ruang Tunggu Utama lantai dasar.

Baca Juga: Kritik Zulhas kepada Jokowi di Sidang Tahunan MPR Hal yang Wajar

Kesiapan petugas dan Paspampres meningkat saat jam menunjukan Pukul 08.20 karena Presiden, Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD meninggalkan Ruang Tunggu Utama menuju Ruang Sidang Paripurna.

"Di tangga masuk Ruang Sidang Paripurna Presiden, Wakil Presiden, Pimpinan MPR, Pimpinan DPR, Pimpinan DPD, dan Ketua MA, MK, KY, BPK, melakukan foto bersama," ujar Siti Fauziah.

Setelah melalu prosesi foto bersama, tepat 08.28, Presiden, Wakil Presiden, Pimpinan MPR, Pimpinan DPR, Pimpinan DPD, dan Ketua MA, MK, KY, BPK memasuki Ruang Sidang Paripurna.

"Selanjutnya, Presiden, Wakil Presiden, Pimpinan MPR dan Ketua DPR, BPK, MA, MK, KY menuju mimbar, menempati kursi yang telah ditentukan," papar Siti.

Sedangkan para Wakil Ketua DPR, dan para Wakil Ketua DPD, dan para istri Pimpinan MPR/DPR/DPD RI menuju Blok-B. Lalu, semua berada di tempat yang telah ditentukan, tepat pukul 08.30 Sidang Tahunan MPR dimulai dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selepas menyanyikan lagu kebangsaan, Ketua MPR memimpin prosesi mengheningkan cipta.

"Mengajak kepada yang berada di ruang sidang untuk mengheningkan cipta," tutur Siti Fauziah.

Selepas prosesi menyanyikan lagu kebangsaan dan mengheningkan cipta dilakukan, tepat pukul 08.37, Ketua MPR membuka Sidang Tahunan MPR 2019. Selama 15 menit Ketua MPR memberi pengantar dan pidato.

"Selepas itu Ketua MPR mempersilahkan Presiden menyampaikan pidato," ungkap Siti Fauziah.

Tepat pukul 08.52, Presiden menuju mimbar dan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga negara.

Baca Juga: Pantun Kebersamaan dari Sejumlah Daerah di Akhir Pidato Kenegaraan Jokowi

"Presiden menyampaikan pidato kurang lebih selama 43 menit," kata Siti.

Tepat pukul 09.35, selanjutnya Ketua MPR mempersilahkan Imam Besar Masjid Istiqlal untuk memimpin doa. Selepas acara doa, 09.40 Ketua MPR menutup Sidang Tahunan.

"Sidang Tahunan diakhiri tepat pukul 09.50 ditandai dengan menyanyikan lagu kebangsaan," ujar Siti. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH