Rambut Pun Dapat Menyebabkan Jerawat Rambut salah satu penyebab wajah berjerawat. (Foto: Pexels/Pixabay)

SELAMA ini kita berpikir ketidakseimbangan hormon, kulit berminyak dan pori-pori yang tersumbat menjadi penyebab munculnya jerawat. Pernahkah kau berpikir bahwa rambut bisa jadi salah satu penyebab wajah berjerawat?

Berikut beberapa kemungkinan yang menunjukkan rambut dapat menyebabkan jerawat:

1. Poni

poni
Jauhi poni dari dahi. (Foto: Pexels/Sharon McCutcheon)

Bagi pemilik rambut berminyak, harus berhati-hati jika memiliki poni. Poni yang terlalu menjuntai ke bawah dapat menyebabkan jerawat. Rambut yang berminyak bisa menghasilkan banyak keringat dan minyak. Dengan adanya poni, dahi bisa menjadi sasaran utama penyebaran jerawat. Solusinya, ikatlah rambut dengan kencang dan arahkan poni menjauhi dahi.

2. Tidak Keramas Setelah Berolahraga

rambut
Usia berolahraga sebaiknya rambut dikeramas. (Foto: Pexels/Godisable Jacob)

Lupa mandi setelah berolahraga tidak higienis dan dapat meningkatkan wabah jerawat. Pastikan untuk selalu mandi setelah olahraga. Hal tersebut dapat mengurangi iritasi kulit dan jerawat serta menjaga kesehatan kulit. Jangan pula lupa mencuci rambut saat mandi. Supaya keringat tidak tertinggal di rambut dan dapat menyebabkan wajah berminyak. Gunakan samo dan kondisioner untuk mencuci rambut dengan baik dan benar.

3. Ketombe

ketombe
Ketombe berpotensi menimbulkan jerawat. (Foto: Pexels/Lela Johnson)

Rambut yang berketombe dapat meningkatkan potensi munculnya jerawat. Ketika serpihan ketombe jatuh pada kulit dan pakaian, dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, sebelum merawat jerawat, rawatlah kulit kepala terlebih dahulu supaya tidak berketombe.

4. Produk Perawatan Rambut

rambut
Hati-hati dengan produk perawatan rambut yang menyebabkan jerawat. (Foto: Pixabay/artursfoto)

Setiap orang berharap memiliki rambut indah dan sehat. Untuk mewujudkan rambut yang indah banyak orang yang menggunakan perawatan rambut misalnya serum rambut atau kondisioner kering. Namun, tahukah kamu kalau produk perawatan rambut tersebut dapat membahayakan kulit dan menyebabkan jerawat? Produk perawatan rambut mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Akibatnya jerawat pun timbul.

5. Pengering Rambut

rambut
Udara panas yang dihembuskan penering rambut menyebabkan jerawat. (Foto: Pexels/Gratisography)

Supaya rambut cepat kering setelah keramas kita kerap menggunakan pengering rambut. Pengering rambut membuat kulit kepala kering. Supaya menjaga kulit kepala tetap lembab, produksi minyak pun meningkat. Meningkatkan produksi minyak yang berpadu dengan hembusan udara panas dari pengering rambut ke wajah dapat menyebabkan kulit berjerawat.

Rambut indah memang keharusan tapi juga harus memperhatikan sisi lainnya. Alih-alih rambut indah, wajah malah berjerawat. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH