Kecantikan
Rambut Mudah Diatur Meski Jarang Keramas Tak perlu khawatir rambut sulit diatur walau jarang keramasa. (Foto: Unsplash/Joshu Reddekopp)

PERAWATAN diri dapat menghabiskan waktu setengah jam atau bahkan lebih. Mulai dari mandi, meditasi, dan beberapa eksperimen tata rias. Untuk menghemat waktu, beberapa orang mungkin akan melewatkan waktu keramas dan hanya melakukannya saat ada waktu.

"Rambut setiap orang berbeda dan begitu pula gaya hidup mereka,” ujar penata rambut selebriti, Bradley Leake dikutip dari Bustle.

Baca juga:

3 Gaya Rambut Badai untuk Menyegarkan Penampilanmu Pada 2021

Sebelum mempertimbangkan perawatan rambut apapun, perhatikan bahwa yang paling penting adalah mengenal rambutmu. "Dengarkan rambutmu dan lakukan apa yang berhasil untukmu," ujat Dianna Cohen, pendiri dan CEO perawatan rambut Crown Affair.

“Kesalahpahaman yang sangat umum adalah bahwa orang dengan ketombe atau kulit kepala kering harus jarang mencuci rambut mereka,” kata Dr. Orit Markowtiz, MD, dokter kulit bersertifikat. Menurut Markowtiz anggapan itu justru keliru karena ketombe disebabkan oleh penumpukan produk. Jadi orang dengan ketombe justru harus lebih sering mencucinya.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk perawatan rambut agar mudah diatur:

1. Buat pilihan sampo cerdas

Pentingnya memilih produk sampo yang tepat untuk keramas. (Foto: Unsplash/Mathilde Langevin)

Baik Cohen dan Leake menekankan pentingnya memilih produk yang tepat untuk mencuci helai rambutmu. Menggunakan formula yang tidak terlalu ideal dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Itu justru memberi efek yang bertolak belakang dari harapan. “Hal ini menyebabkan kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak. Saat itulah rambut mulai terlihat berminyak,” kata Cohen.

“Hindari sampo yang mengandung sulfat atau polietilen glikol (PEGS) yang merupakan senyawa berbasis minyak bumi,” ujar Cohen.

Leake juga menguraikan daftar bahan yang harus dihindari. Misalnya paraben, pewarna sintetis, dan wewangian sintetis. “Banyak dari bahan-bahan ini untuk sementara waktu dapat membuat rambut tetap bersih, tetapi bahan kimia keras menghilangkan minyak alami rambut dan menyebabkan kulit kepala memberi kompensasi berlebihan dan menghasilkan lebih banyak untuk menjaga keseimbangan,” jelas Leake. Sementara itu, pewangi dan pewangi sintetis dapat mengubah warna rambut atau menimbulkan masalah sensitivitas kulit kepala.

2. Jaga Kelembapan rambut

Cari produk yang akan melembapkan rambut tanpa membebani. (Foto: Unsplash/Liubov Ilchuck)

Carilah produk yang akan melembapkan rambut tanpa membebani. Menurut Cohen, kelembapan penting untuk semua jenis rambut. Produk yang mengandung bahan-bahan seperti minyak biji tsubaki dan minyak biji padang rumput (favoritnya) lebih baik dibandingkan minyak kelapa atau minyak argan yang lebih berat. "Kita juga bisa menggunakan masker rambut yang melembapkan sebelum keramas untuk menambah kelembapan," sarannya.

Baik rambut halus atau keriting, penata rambut bernama Juliana Ohlmeyer menjelaskan bahwa menggunakan minyak adalah cara yang bagus untuk menambah kelembapan. “Hal terbaik untuk hidrasi adalah mengoleskan sedikit minyak rambut ke ujung rambut,” ucapnya.

Ia mengatakan itu akan membantu menghidupkan kembali volume rambut keriting dan menghaluskan rambut kusut. "Ini juga melindungi rambut jika kamu ingin mengeringkan rambut," katanya.

Baca juga:

Ini Penyebab Rambut Rontok

Sementara Markowitz menyarankan untuk tidak menggunakan produk penataan rambut, karena dapat menyebabkan penumpukan pada kulit kepala. "Jika kamu akan menggunakannya, gunakan sedikit saja," saran Ohlmeyer.

3. Gunakan produk tambahan

Gunakan sampo kering jika rambutmu lebih lurus. (Foto: Unsplash/Tamara Bellis)

Jika rambutmu lebih lurus, Leake mengatakan sampo kering dapat membantu memperpanjang waktumu di antara hari-hari keramas. Untuk rambut keriting, dia merekomendasikan produk yang menyegarkan antara keramas.

Oleskan dry shampoo ke akar rambut saat rambut kering dan bersih. “Jika kamu mengoleskannya pada rambut bersih, ini akan membantu mencegah minyak berlebih, terutama jika kamu berolahraga dan berkeringat,” kata Ohlmeyer.

4. Selektif memilih produk yang digunakan

Jangan gunakan handuk kasar untuk mengeringkan rambut. (Foto: Unsplash/Feeh Costa)

Perhatikan handuk, sarung bantal, dan aksesori rambut yang kamu gunakan saat kamu mencoba jarang keramas. Menurut Cohen, handuk kasar dapat membuat rambut kasar dan menyebabkan rambut patah. Cari yang menyerap kelembapan berlebih dengan lembut, seperti handuk mikrofiber atau bambu.

Bahan penting lainnya dalam upaya mengurangi keramas adalah sutra dan satin. “Tidur di atas sarung bantal sutra adalah cara yang bagus untuk melawan rambut kusut,” kata Leake. Teksturnya yang halus berarti lebih sedikit gesekan dengan helai rambut sehingga akan lebih baik bentuknya di saat kamu tidak keramas.

Dia mengatakan ini berlaku untuk ikatan rambut kita juga. Gunakan ikat rambut sutra atau satin untuk memperpanjang kualitas rambut. (avia)

Baca juga:

5 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Cepat Pudar

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Usai Diretas, CD Projekt Red Tunda Rilis Update 2.1 Cyberpunk 2077
Fun
Usai Diretas, CD Projekt Red Tunda Rilis Update 2.1 Cyberpunk 2077

Infrastruktur IT yang sedang menginspeksi ulang data-data milik CD Projekt Red.

Pasanganmu Pengaruhi Kesehatanmu
Hiburan & Gaya Hidup
Pasanganmu Pengaruhi Kesehatanmu

Tanpa sadar, pasangan kita bisa memberikan pengaruh buruk, begitu juga sebaliknya.

Kenapa Streaming Apps Jadi Tempat Konser Baru?
ShowBiz
Kenapa Streaming Apps Jadi Tempat Konser Baru?

Tahun 2020, semakin banyak musisi dunia beralih ke situs streaming untuk berbagi musik dan cerita mereka.

Stussy dan Nike Luncurkan Produk Insulated dan Upcycled
Fashion
Bryan Sony Melaju ke Final ICiGSC ICE 2021
Fun
Bryan Sony Melaju ke Final ICiGSC ICE 2021

Bryan meracik dua sajian kopi beralkohol First Love dan Bittersweet.

Kebiasaan Menjemur Bayi Saat Lahir Ternyata...
Fun
Kebiasaan Menjemur Bayi Saat Lahir Ternyata...

Tak perlu bayi dijemur setiap hari.

Menyingkap Warna Cat dan Manfaatnya pada Desain Rumah Japandi
Fun
Menyingkap Warna Cat dan Manfaatnya pada Desain Rumah Japandi

Desain Japandi merupakan gaya kombinasi antara Scandinavian dan minimalis tradisional Jepang.

Maskapai Ini Buka Audisi VTuber
Fun
Maskapai Ini Buka Audisi VTuber

Audisi dibuka untuk calon konten kreator di Asia Tenggara.

Microsoft Janji Perbaiki Controller Xbox X
Fun
Microsoft Janji Perbaiki Controller Xbox X

Kabar baiknya, Microsoft telah mengetahui tentang masalah ini, dan perbaikan sedang dalam proses.

‘PUBG’ akan Hadirkan 2 Game Baru di 2022
Fun
‘PUBG’ akan Hadirkan 2 Game Baru di 2022

Dirancang oleh pengembang untuk menjadi 'game paling menakutkan sepanjang masa'.