Rambut Bercabang Habiskan Nutrisi Kulit Kepala, Begini Cara Mengatasinya Kamu tidak dapat 'mengembalikan' rambut yang ujungnya bercabang kembali sehat. (Foto: Freepik/benzoix)

RAMBUT bercabang ternyata bukan hanya dapat merusak penampilan rambut, tapi juga dapat menghabiskan nutrisi di kulit kepala. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ternyata, kamu tidak dapat 'mengembalikan' rambut yang ujungnya bercabang untuk kembali sehat. Mitos itu menjadi salah satu kesalahpahaman terbesar dalam perawatan rambut. Satu-satunya cara untuk memperbaiki ujung rambut yang bercabang adalah dengan memotongnya.

Selain memotong, kabar baiknya, kamu dapat menjaga ujung rambut bercabang agar tidak semakin parah, mengurangi tampilannya, dan mencegah kerusakan pada masa mendatang. Namun, sebelum mempelajari beberapa trik terbaik dalam mengatasi rambut bercabang, ada baiknya kamu mengetahui dari mana cabang-cabang itu berasal.

"Ujung rambut yang bercabang persis seperti namanya, satu helai rambut yang telah terbelah menjadi dua. Anda dapat menganggapnya seperti seutas tali yang telah berjumbai dari waktu ke waktu dan membelah menjadi dua, menciptakan ujung kecil berbentuk 'Y' di ujung rambut," kata penata rambut Trey Gillen yang juga merupakan direktur artistik pendidikan di Sachajuan, jenama produk perawatan rambut.

Baca juga:

Mikroorganisme Berkembang di Rambut Basah

Rambut Bercabang Habiskan Nutrisi Kulit Kepala, Begini Cara Mengatasinya
Rambut yang terhidrasi dengan baik cenderung tidak patah dan kuat. (Foto: freepik/freepik)

Meskipun memiliki beberapa ujung bercabang di rambut benar-benar normal, kondisi ini dapat berbahaya jika dalam jumlah besar. Ketika kamu menemukan ujung bercabang, serat rambut akan naik seperti robekan di stoking. Jika tidak memotongnya secepatnya, kerusakan akan mematahkan helai rambut sepenuhnya atau menjalar hingga ke akar.

Hal ini tidak hanya dapat membuat rambut terlihat rusak dan keriting, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan rambut yang parah di seluruh helai dan kerapuhan secara keseluruhan yang menyebabkan penipisan rambut.

“Saya selalu menjelaskan kepada klien bahwa ujung rambut bercabang seperti bunga di pohon mawar. Saat rumpun mawar mekar, tanaman itu sendiri terlihat lemah dan layu—semua nutrisi masuk ke kuntum mawar sehingga tanaman bisa berkembang biak," Gillen memberi contoh.

"Namun, ketika rumpun mawar tidak mekar, daun dan tanaman itu sendiri terlihat lebih sehat karena nutrisi didistribusikan secara merata ke seluruh tanaman," ujarnya seperti diberitakan Real Simple.

Gillen menjelaskan, "Hal yang sama berlaku untuk rambut bercabang, begitu ada belahan di ujungnya, semua nutrisi yang datang dari kulit kepala akan mencoba untuk memperbaiki rambut yang bercabang itu, tetapi karena tidak dapat diperbaiki, rambut akan melemah secara keseluruhan."

Genetika punya peran dalam kondisi rambut bercabang, tapi sebagian besar hal itu disebabkan oleh pelapukan dan kerusakan akibat panas. "Patah atau 'ujung bercabang' ini biasanya disebabkan oleh elemen lingkungan (seperti air panas, angin, dll.) atau oleh gesekan mekanis dan gaya panas," kata Gillen. Bagi kebanyakan orang, paparan penyebab rambut bercabang tidak dapat dihindari.

Baca juga:

Sama-sama Perawatan Rambut, Pahami Perbedaan Masker Rambut, Creambath, dan Hair Spa

Mencegah rambut bercabang

Rambut Bercabang Habiskan Nutrisi Kulit Kepala, Begini Cara Mengatasinya
Cara paling jitu untuk mencegah rambut bercabang adalah dengan memangkas rambut secara teratur. (Foto: freepik/Drazen Zigic)

Sama seperti anti-penuaan (di mana perawatan kulit terbaik adalah perawatan kulit preventif), cara terbaik untuk menghindari ujung bercabang adalah dengan mencegahnya terjadi. Kuncinya adalah kelembapan. Rambut yang terhidrasi dengan baik cenderung tidak patah dan kuat saat kamu menyisir atau menatanya.

Sampo dan kondisioner yang kamu gunakan secara teratur sangat penting, tetapi ada hal ketiga yang harus menjadi bagian dari perawatan rambut standar. Gunakan masker rambut seminggu sekali untuk memberikan kelembapan jangka panjang dan membuat rambut terlihat dan terasa lebih lembut.

"Cara terbaik untuk mencegah rambut bercabang adalah dengan meminimalkan penataan panas dan kerusakan mekanis dengan sisir dan penanganan yang lembut," tambah penata rambut selebritas Clariss Rubenstein.

Dan, cara paling jitu untuk mencegah rambut bercabang adalah dengan memangkas rambut secara teratur setiap enam hingga 12 minggu, tergantung pada faktor-faktor seperti penataan rambut dan pewarnaan, serta bentuk rambut yang mungkin memerlukan lebih banyak atau lebih sedikit perawatan. (aru)

Baca juga:

Tips Memilih Sisir untuk Rambut Tipis dan Rontok

Rambut Segar dengan Air Mawar
Fun
Rawat Kulit Area Mata Menggunakan Serum
Fun
Rambut Segar dengan Air Mawar
Fun
Rawat Kulit Area Mata Menggunakan Serum
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ngabuburep, Ngabuburit dan Berbagi ala Anak Hip-Hop
ShowBiz
Ngabuburep, Ngabuburit dan Berbagi ala Anak Hip-Hop

Ngabuburep diisi penampilan dari anggota komunitas Westwew, salah satunya ialah Tuan Tigabelas.

Fenomena 'Waithood' Menyerang Anak Muda
Fun
Fenomena 'Waithood' Menyerang Anak Muda

Berkomitmen dan wajib bertanggung jawab terhadap kesejahteraan orang lain dianggap mengerikan.

Reruntuh Rilis Single Ganda Jelang Album 'Water Will Find Me'
ShowBiz
Reruntuh Rilis Single Ganda Jelang Album 'Water Will Find Me'

Single Percik/Sisa serta Dan Terang dari Reruntuh akan termasuk dalam album Water Will Find Me.

Sejumlah Kendaraan Impian Bisa Dicoba di GIIAS Surabaya 2021
Fun
Sejumlah Kendaraan Impian Bisa Dicoba di GIIAS Surabaya 2021

Di GIIAS Surabaya 2021, para pengunjung juga bisa merasakan langsung sensasi berkendari dari berbagai mobil dan motor

Elon Musk Ternyata Punya Anak Perempuan Bernama 'Y'
Hiburan & Gaya Hidup
Elon Musk Ternyata Punya Anak Perempuan Bernama 'Y'

Anak kedua Elon Musik lahir pada Desmber 2021 lalu.

Orangtua Muda, Ini Alasan Mengapa Harus Menabung Lebih Awal
Fun
Keamanan Aplikasi Pihak Ketiga Mobil Terkoneksi Tidak Terjamin
Fun
Keamanan Aplikasi Pihak Ketiga Mobil Terkoneksi Tidak Terjamin

Aplikasi ponsel dari pihak ketiga mobil terkoneksi dikabarkan rentan mengalami pencurian data

NCT 127 Resmi Jadi Brand Ambassador Puma Asia-Pasifik
ShowBiz
NCT 127 Resmi Jadi Brand Ambassador Puma Asia-Pasifik

Akan mewakili merek Puma sekaligus berkontribusi besar terhadap penyebaran Korean wave yang tengah menjangkit dunia.

Rahasia Segar Seharian Saat Puasa
Fun
Rahasia Segar Seharian Saat Puasa

Puasa tetap segar dan aktif