Ramai Kritik Formula E, Pimpinan DPRD Sebut Stabilitas Politik DKI Tidak Wajar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 31 Januari 2022
Ramai Kritik Formula E, Pimpinan DPRD Sebut Stabilitas Politik DKI Tidak Wajar
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Penyelenggaraan Formula E terus menjadi perhatian masyarakat dan DPRD DKI Jakarta.

Belakangan, ramai soal tender pembangunan rute Formula E di kawasan Ancol Timur, Jakarta Utara yang gagal. Selain itu, baru-baru ini program studi banding tim Formula E ke Diriyah, Arab Saudi juga jadi perbincangan publik.

"Saya pikir, kondisi politik saat ini sudah semakin tidak wajar. Apa pun dipermasalahkan," kata Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi PAN Zita Anjani menanggapi banyaknya kritik terhadap penyelenggaraan Formula E di Jakarta, Senin (31/1).

Baca Juga:

Direktur Keuangan Jakpro Mundur, Persiapan Formula E Terus Dilanjut

Putri dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) ini pun mengaku bingung dengan pihak-pihak yang selalu mengomentari buruk program Gubernur Anies Baswedan.

"Tidak kerja salah, kerja pun dipermasalahkan," ucap Zita.

Menurut Zita, studi banding tim dari panitia Formula E baik Jakarta Propertindo (Jakpro) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) merupakan hal yang dibutuhkan untuk mematangkan event balap mobil berenergi listrik tersebut.

Bahkan, studi banding itu ada di dalam regulasi, dijamin sama hukum dan diatur di Permendagri Nomor 20 Tahun 2005 tentang Pedoman Perjalanan Dinas Luar Negeri.

Baca Juga:

Wagub DKI Nilai Tak Ada yang Aneh Penyelenggara Formula E Studi Banding ke Arab

Menurut dia, instansi pemerintah, pejabat publik, anggota legislatif, kerja-kerjanya pasti ada studi banding. Hal itu karena manfaatnya jelas, menambah wawasan yang akan diimplementasikan di lingkungan masing-masing.

"(Studi banding) bukan hura-hura," tegas Penasihat Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta ini.

Menurutnya, panitia Formula E masih bekerja, tidak elok kalau sudah dipermasalahkan. Kecuali, hasil studi bandingnya tidak jelas atau output tidak ada.

Saat ini, tegas Zita, tugas masyarakat dan legislator Kebon Sirih membantu Gubernur Anies Baswedan untuk menyukseskan program-program yang ada di Jakarta. Seperti gelaran mobil balap bertaraf internasional itu.

"Formula E masih proses, tokoh-tokoh politik jaga stabilitas politik. Tunjukkan Jakarta juga bisa buat event sebagus Diriyah," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Kasus Omicron di DKI Makin Meningkat, Ketua DPRD: Jangan Formula E Terus yang Dipikirin

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan