Ramai di Media Sosial, Madu Alami Berwarna Ungu

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 07 Maret 2023
Ramai di Media Sosial, Madu Alami Berwarna Ungu
Madu alami berwarna ungu sempat viral di media sosial dan jadi buah bibir warganet Amerika Serikat. (Instagram/apicultores.nicas)

BILA mendengar kata madu alami, maka mayoritas yang kamu bayangkan pasti madu cair yang memiliki warna agak putih, keemasan, cokelat, hingga hitam. Dengan masing-masing madu memiliki karakter rasa yang berbeda yang biasanya warna terang cenderung lebih ringan dan semakin gelap maka madu itu rasanya semakin kuat.

Namun, ada satu wilayah di Amerika Serikat yang memiliki madu alami dengan warna yang terbilang sangat tidak biasanya. Karena warna madu ini tak serupa dengan warna pada umumnya dan malah berwarna ungu.

Kabar mengenai madu warna ungu sempat menjadi buah bibir warganet internasional, khususnya di Amerika Serikat selama beberapa pekan terakhir. Setelah muncul cicitan dari warganet di Negeri Paman Sam yang mengunggah madu yang berasal dari wilayah North Carolina dan membandingkannya dengan madu alami konvensional.

Warnanya sangat berbeda, selain berwarna lebih pekat, ketika ada cahaya yang menerpanya, madu itu memperlihatkan warna ungu.

Baca juga:

Jenis Madu yang Paling Banyak Dicari Selama Pandemi

Ramai di Media Sosial, Madu Alami Berwarna Ungu
Madu berwarna ungu ini disebut memiliki rasa yang lebih kecut dibandingkan madu alami pada umumnya. (Instagram/Newnewsia)

Bila kamu mencari di e-commerce Tanah Air memang terdapat madu ungu yang dijual. Tapi itu merupakan madu yang telah melalui proses pengolahan dan dicampur dengan zat dari tanaman. Sedangkan madu yang viral di media sosial AS pada akhir Februari 2023, digadang-gadang sebagai madu alami yang memang diproduksi oleh lebah di wilayah Amerika Serikat.

Menariknya, bagi warga di North Carolina Amerika Serikat produk madu ungu bukan sesuatu yang aneh, karena di wilayah itu madu jenis ini memang dijual tapi dikenal dengan istilah blue honey alias madu biru.

Menurut salah satu produsen madu di sana, berdasarkan laman Honeybeesuite.com mengungkapkan bahwa warna yang ditimbulkan madu ini serupa dengan sirup blackberry serta rasa yang cenderung lebih asam bila dibandingkan madu pada umumnya.

Baca juga:

Apakah Madu Beku Baik bagi Kesehatan?

Ramai di Media Sosial, Madu Alami Berwarna Ungu
Warganet berargumen warna ungu alami pada madu ini dipicu oleh nektar di salah satu bunga endemik di North Carolina. (Pexels/Barnabas Davoti)

Lantas bagaimana madu alami di wilayah North Carolina bisa berwarna ungu? Hingga artikel ini diangkat masih belum ada penjelasan ilmiah mengenai fenomena unik tersebut tapi tak sedikit warganet yang memberikan pandangannya mengenai pemicunya.

Sebagaimana dikutip dari Indiatimes (22/2), ada yang berargumen ini dipicu oleh nektar dari tanaman endemik di wilayah itu yang memiliki kandungan alumunium tinggi atau bisa juga ketika lebah hingga di bunga tanaman Oxydendrum aboreum yang memang terdapat sifat unik pada akhir musim panas.

Nektar dari tanaman yang juga dikenal dengan nama sourwood ini disebut memiliki kandungan anthocyanin yang merupakan pigmen yang mudah terlarut di air, dan memang memberikan warna daun serta bunga dari tanaman itu karakteristik warna merah keunguan. (aru)

Baca juga:

Manfaatkan Madu untuk Jaga Kecantikan

#Madu #Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan