Ramah Lingkungan, Sneakers Adidas Futurecraft.Loop Bisa Didaur Ulang Adidas Futurecraft.Loop dibuat dari bahan yang bisa didaur ulang. (foto: footwear news)

PERNAHKAH kamu membayangkan sepatu yang bisa 100% didaur ulang? Terdengar futuristik ya. Sepatu terbaru Adidas, yakni Futurecraft.Loop, diklaim bisa 100% didaur ulang.

Futurecraft.Loop merupakan inovasi terbaru dari Adidas yang dibuat untuk bekerja sama dengan organisasi lingkungan Parley for the Oceans. Sepatu tersebut terbuat dari satu jenis bahan, yakni poliuretan termoplastik.

Bahan itu disusun menjadi sepatu hanya menggunakan lem. Tujuannya, agar bahan tersebut bisa didaur ulang dan digunakan kembali untuk menciptakan sepasang sepatu lari baru. "Membuang sampah plastik dari sistem merupakan langkah pertama, tetapi kita tidak bisa berhenti di sana," kata Eric Liedtke, Anggota Dewan Eksekutif Adidas seperti dilansir Independent.

Ide membuat sepatu daur ulang muncul saat melihat fakta banyak sepatu yang usang kemudian berakhir di tempat pembakaran. "Apa yang akan kamu lakukan saat sepatu mulai usang? Pasti kamu akan membuangnya kecuali tidak ada yang lain. Sepatu itu kan berakhir di pembuangan sampah dan insinerator. Pada akhirnya atmosfer akan tercekik karena kelebihan karbon atau lautan yang dipenuhi dengan sampah plastik," lanjut Liedtke.

Ia juga mengatakan bahwa sepatu ini merupakan inisiatif perusahaan pakaian olahraga itu untuk mengakhiri konsep pemborosan secara menyeluruh. "Impian kami adalah Anda dapat terus memakai sepatu yang sama berulang-ulang," jelasnya.

adidas futurecrat loop
Sepatu masa depan dari Adidas ini 100% bisa didaur ulang.(foto: adidas.com)

Manajer Inovasi Teknologi Adidas Tanyaradzwa Sahanga menguraikan bagaimana mereka memulai menciptakan jenis produk baru bagi pelanggan. "Kami tahu ini merupakan visi yang luas dalam segala hal, secara teknis, dan bahkan perilaku. Ada saat-saat ketika sepertinya kami tidak bisa mengatasi beberapa kendala teknis, sekarang kami telah membuat lompatan pertama. Permainan telah berubah," ujar Sahanga.

Pada 2015, Adidas dan Parley memproduksi alat peraga untuk lari dengan lapisan atas yang terbuat dari limbah plastik laut yang didaur ulang. Tahun ini, brand pakaian olahraga tersebut berencana memproduksi 11 juta pasang sepatu dari bahan plastik yang diambil dari wilayah pesisir.

Sepatu Futurecraft.Loop akan dirilis pertama untuk 200 kreator terkemuka di seluruh kota besar di dunia. Nantinya mereka akan memberi umpan balik kepada Adidas. Sepatu ini direncanakan akan tersedia untuk umum pada spring/summer tahun 2021.(*)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH