Ramadhan Asik ala Pelajar Indonesia di Tiongkok Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT). Foto: Facebook PPIT

MerahPutih.com - Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) memeriahkan bulan Ramadan dengan mengelar kontes foto, video, dan penulisan dengan tema "Ramadhan Asik."

"Kegiatan ini bertujuan ingin berbagi dengan masyarakat Indonesia mengenai keindahan Ramadan di Tiongkok," kata Ketua Panitia Kontes Reza Fahlevi, dalam rilis yang diterima Minggu (3/6).

Tujuan utama diselenggarakannya kontes adalah untuk menepis isu-isu negatif seperti larangan berpuasa di Tiongkok. Menurut Reza, isu yang tersebar terkadang sangat liar dan tidak sesuai dengan fakta.

PPIT
Mahasiswa Indonesia di Tiongkok berkumpul untuk buka bersama. Foto:Facebook PPIT

"Oleh karena itu, PPIT ingin menyampaikan pesan keindahan Ramadhan di Tiongkok melalui lomba ini," kata Reza dilansir Antara.

Reza menjelaskan, kontes akan berlangsung hingga 12 Juni 2018 dan terbuka bagi seluruh pelajar Indonesia di Tiongkok dengan mengirimkan foto, video, dan tulisan yang berkenaan dengan suasana Ramadan di Tiongkok, seperti kegiatan buka puasa bersama, ngabuburit, ataupun hal menarik lainnya.

"Berpuasa di negeri orang tentu berbeda dengan di Indonesia, tapi ada keindahan dan kenikmatan tersendiri yang bisa diceritakan kepada orang-orang melalui foto, video, dan tulisan," kata Reza.

PPIT
Poster kontes yang digelar PPIT

Kontes foto dan video diadakan dengan berbasis daring melalui platform media sosial Instagram. Para peserta diwajibkan mengunggah foto dan videonya di instagram pribadi dan wajib menandai akun instagram resmi PPIT yaitu @ppitiongkok.

Peserta juga diwajibkan menggunakan tagar#Ramadhanasikphotocontest, #PPITiongkok, dan #ramadhanditiongkok.

Sedangkan untuk lomba penulisan, peserta cukup mengirimkannya ke email publikasi@ppitiongkok.org dengan panjang tulisan 400 kata.

Pemenang lomba akan diumumkan melalui instagram @ppitiongkok pada 16 Juni 2018. Para pemenang lomba foto dan video diputuskan berdasarkan jumlah voting atau like terbanyak di instagram.

PPIT
Poster ucapan selamat menjalankan ibadah puasa dari PPIT.

Ketua PPIT Tiongkok, Fadlan Muzakki menambahkan, diharapkan dengan adanya kegiatan ini para pelajar bisa saling berbagi sekaligus menambah wawasan mengenai suasana Ramadhan pada berbagai wilayah di Tiongkok. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH