Ramadan, Menjadi Lebih 'Hijau' dalam 30 Hari

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 12 April 2021
Ramadan, Menjadi Lebih 'Hijau' dalam 30 Hari
Tantang diri untuk jadi lebih 'hijau' di Ramadan kali ini. (foto: unsplash/naassom-azevedo)

PANDEMI yang melanda setahun belakangan menjadi momok bagi manusia. Meski berdampak buruk bagi manusia, pandemi tampaknya membawa hal baik untuk alam dan lingkungan. Situasi itu justru membuat jumlah sampah yang menuju tempat pembuangan sampah akhir (TPA) berkurang. Kualitas udara di Kota Jakarta pun membaik.

Saat memasuki bulan Ramadan, jumlah sampah rumah tangga diprediksi akan kembali meningkat. Sampah tersebut berasal dari sisa makanan dan sampah plastik dari kemasan takjil. Apalagi dengan adanya peningkatan layanan pengiriman makanan, sampah kemasan makanan diprediksi kembali akan memenuhi tempat sampah.

BACA JUGA:

Plastik Bening Sampai Kresek 'Thankyou' untuk Takjil

Sebelum hal itu terjadi, upaya preventif perlu dilakukan. Gerakan pengurangan sampah perlu dilakukan. The Body Shop, perusahaan skincare asal Inggris, mengajak kamu untuk menjadi lebih 'hijau' selama Ramadan. Di bulan penuh berkah ini, The Body Shop hadir dengan kampanye bertajuk Green Ramadan: Refresh and Reconnect This Ramadan.

Lewat kampanye tersebut, The Body Shop ingin menyebarkan pesan untuk menyegarkan kembali jiwa serta terhubung lebih baik dengan Tuhan, sesama, dan semesta sembari berbuat kebaikan di bulan suci Ramadan ini. Apalagi Bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memaksimalkan amal dan ibadah.

sampah plastik
Sampah plastik perlu dikurangi. (Foto: pexels/juan-pablo-serrano-arenas)

Brand kecantikan global yang peduli dalam isu perempuan, sosial, dan lingkungan ini ingin mengajak semua orang untuk mulai membuat amal ibadah tersebut juga bermakna bagi kelestarian alam dengan mengadakan #TBSGreenRamadan challenge. Sembari berpuasa, kamu bisa memaksimalkan perbuatan baik dengan melakukan perubahan kecil untuk ikut melestarikan alam. Program bertajuk 30 Days Challenge digelar mulai 12 April.

The body shop
The Body Shop mengajak kamu dalam challenge peduli lingkungan. (foto: Instagram @thebodyshopindo)

Setiap hari, kamu akan diajak untuk melakukan hal yang baik untuk alam, seperti memasak sendiri makanan berbuka, mengurangi penggunaan kantung plastik, hingga hemat air untuk wudhu.

Untuk tantangan ini, akan dipilih dua pemenang setiap 10 hari. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah sebesar Rp1.000.000. Kamu bisa ikut tantangan ini melalui akun Instagram @thebodyshopindo. Yuk, ikut serta dan lihatberbagai inspirasi dalam memulai gaya hidup ramah lingkungan di bulan Ramadan ini di https://www.thebodyshop.co.id/green-ramadan/30-days-challenge.(Avia)

#Kecantikan #Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan