Rama Gugur Jadi Evaluasi, Panglima Hadi Jamin Takkan Tarik TNI dari Misi Kongo

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 03 Juli 2020
Rama Gugur Jadi Evaluasi, Panglima Hadi Jamin Takkan Tarik TNI dari Misi Kongo
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat pelepasan jenazah Pelda (Anumerta) Rama Wahyudi, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (ANTARA/Syaiful Hakim)

MerahPutih.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bakal mengevaluasi kejadian penembakan yang mengakibatkan Pelda Anumerta Rama Wahyudi gugur saat menjalani tugas sebagai pasukan keamanan PBB. Namun, Hadi memastikan takkan menarik TNI dari misi perdamaian PBB di Kongo.

"Seluruh kejadian yang ada di Kongo terkait dengan misi PBB Monusqo (Kongo) tetap dilaksanakan," kata Hadi, usai melepas jenazah Rama, kepada wartawan di Skuadron Udara 17 Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (3/7).

Baca Juga

Anggota Pasukan Perdamaian Indonesia Terbunuh di Kongo

Hadi bakal mengevaluasi taktis di lapangan terkait dengan kejadian penembakan di Kongo. Menurut dia, evaluasi bersama dengan tim PBB ini diharapkan bisa mencegah kejadian penembakan yang membuat Pelda Anumerta Rama gugur.

"Tentunya PBB melakukan investigasi. Sehingga apa yang kita inginkan di sana secara taktis di lapangan karena kita mengikuti dengan prosedur yang ada," papar dia.

Serma Rama Wahyudi
Caption

Terkait dengan misi PBB Monusco, Hadi menjelaskan misi tersebut tetap dilanjutkan dengan pengawasan protokol keamanan lebih khususlagi.

"Mudah-mudahan tidak ada kejadian lagi serupa dan misi Monusqo berjalan dengan baik sesuai dengan program dari PBB," tutup jenderal bintang 4 itu.

Untuk diketahui, Pelda Anumerta Rama gugur pada saat menjalankan misi PBB di Monusqo, Kongo pada 22 Juni. Saat sedang patroli, pasukannya tiba-tiba diserang milisi ADF Kongo. Rama sekaligus menjadi prajurit TNI pertama yang gugur dalam tugas selama keikutsertaan Indonesia dalam tugas pasukan keamanan dan perdamaian PBB selama ini. (Knu)

Baca Juga

Mengintip Pasukan Perdamaian PBB Asal Indonesia Rayakan HUT RI

#TNI #PBB
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan