Rakyat Harus Dapat Kompensasi dari Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 01 April 2020
Rakyat Harus Dapat Kompensasi dari Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar
Pengamat politik Ujang Komarudin. Foto: Net

MerahPutih.com - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai langkah Presiden Jokowi akhirnya meneken Peraturan Pemerintah (PP) dan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam menangani wabah virus corona karena selama ini masyarakat tidak taat melakukan pembatasan sosial..

Selama ini, lanjut Ujang, anjuran pemerintah terkait stay at home dan jaga jarak banyak yang tidak ditaati Bahkan, masyarakat dianggapnya sangat tidak tertib melaksanakan imbauan pemerintah. "Masyarakat masih banyak keluar rumah," tutur Ujang kepada wartawan, Rabu (1/4).

Baca Juga

Pemerintah Pusat Didesak Beri Kewenangan Daerah Lakukan Karantina Wilayah

Ujang menilai, kondisi saat ini tak bisa menyalahkan masyarakat yang tetap ngotot ke luar rumah. Karena, jika tak keluar rumah, mereka bingung untuk menghidupi kebutuhan keluarganya.

Saat ini menurut Ujang, yang paling penting itu bagaimana masyarakat diminta tidak keluar rumah dan selalu jaga jarak, tapi di saat yang sama juga negara mencukupi kebutuhan dasar mereka di rumah. Ia menyebut jika masyarakat lapar, tak menjamin mereka mau bertahan di rumah.

"Jadi harus ada solusi kompensasi dari negara untuk masyarakat. Kenyangkan perut masyarakat. Niscaya mereka tak akan keluar rumah," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

"(karena) Masyarakat masih banyak keluar rumah," tutur Ujang
Pengamat politik Ujang Komarudin

Namun, kata Ujang, negara harus punya solusi ketika ada pemberlakuaan PSBB. Ketika masyarakat pergerakannya dibatasi tak boleh keluar rumah, maka negara harus hadir memberi bantuan pada rakyat yang membutuhkan.

Intinya, lanjut Ujang, rakyat harus mendapatkan kompensasi atas kebijakan PSBB itu. “Konkretnya memberi bantuan uang atau makanan ke rumah-rumah masyarakat yang miskin,” tegas dia.

Baca Juga

Gerindra Kritik Pedas Pemerintah soal Penanganan COVID-19

Ujang menuturkan, pemerintah bisa memulai langkah konkret, contohnya dengan membagikan makanan ke masyarakat yang dianggap tak mampu. Sebab, ada pembatasan gerak warga yang amat ketat, bahkan untuk pergi sekolah atau ke kantor sekalipun.

“Untuk mengadang dan menghalau penyebaran virus corona yang makin hari makin menggila, maka perlu ada pembatasan sosial yang berskala besar,” kata Ujang. (Knu)

#Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan