Rajin Sikat Gigi Tetap Bau Mulu? Waspadai Penyakit Berikut Bau mulut tak kunjung hilang adalah pertanda penyakit dalam tubuh. (Foto: Pixabay/kreatikar)

EFEK bau mulut bisa terjadi karena berbagai faktor. Bisa jadi karena makanan yang dikonsumsi memiliki aroma yang tajam, atau ada bagian sela gigi yang tidak tersikat. Bau mulut sangat memalukan karena mengganggu interaksi kita dengan orang lain. Jangan sampai bau mulut mendadak mengganggu waktu berhadapan dengan klien. Kacau!

Melansir dari karmazindental.com, kamu wajib menyikat gigi dua kali dalam sehari. Ketika baru bangun tidur dan sebelum pergi tidur. Menyikat gigi pada siang hari di sela kegiatan juga sangat dianjurkan untuk membunuh sebagian bakteri yang mulai menumpuk. Lalu bagaimana jika kamu sudah menyikat gigi secara rutin tetapi masih bau mulut? Kamu harus waspada. Bau mulut yang tak kunjung hilang merupakan indikasi dari penyakit tertentu.

Baca Juga:

Petai, Si Bau yang Bisa Kurangi Risiko Kematian

1. Radang Gusi

mulut
Kesehatan mulut, gusi dan gigi sangatlah penting. (Foto: Pexels/Rodolfo Clix)

Karang gigi yang tidak pernah dibersihkan, sisa makanan yang bersarang di lobang gigi, dan gusi luka akibat terkena goresan merupakan penyebab terjadinya radang gusi. Kondisi tersebut mengakibatkan tumpukan bakteri semakin banyak dan mulut pun akan semakin berbau busuk. Apalagi jika gusi sering mengeluarkan darah. Bakteri bercampur amis darah akan semakin memperparah bau mulut.

2. Asam Lambung

asam
Asam lambung dapat membuat bau mulut. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Jika kamu memiliki riwayat asam lambung, bau mulut merupakan hal yang lumrah terjadi ketika penyakit tersebut kambuh. Saluran tenggorokan terhubung ke berbagai organ dalam tubuh. Jika lambung sedang bermasalah maka kadar asamnya akan meningkat dan naik ke atas. Bau asam ini yang kemudian keluar melalui mulut.

3. Sinus

sinus
Lendir sinus lama-lama akan turun dan mengeluarkan bau. (Foto: Pixabay/ikkilacerda)

Bau mulut akibat penyakit sinus masih diremehkan sebagian orang karena dianggap tidak berkaitan. Padahal saluran tenggorokan juga terhubung ke saluran pernapasan. Lendir yang mengandung bakteri lama-lama akan turun ke tenggorokan sehingga baunya akan keluar melalui mulut. Umumnya bau yang tercium menyerupai bau kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama lendir tersebut bisa keluar sebagai muntahan. Teksturnya kental dan berwarna hijau atau kuning. (mar)


Baca Juga:

Percuma Tampan Tapi Bau Mulut, Atasi dengan Cara Ini



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH