Rajin Cuci Tangan untuk Terhindar dari Pilek saat Musim Hujan dan Banjir Rajin mencuci tangan ternyata dapat mencegah pilek. (Foto: Pixabay/Gentle07)

MEMASUKI 2020 wilayah Jabodetabek diguyur hujan deras, mengakibatkan banjir di beberapa wilayah. Selain banyak fasilitas yang rusak, hujan juga mengakibatkan kita rentan terserang berbagai penyakit, salah satu yang paling sering dialami adalah pilek. Hal ini disebabkan karena serangan virus dan sistem pertahanan tubuh yang rendah.

Perlu diketahui, beberapa virus penyebab pilek hidup di permukaan benda selama berjam-jam. Untuk itu, perlu adanya penanganan seperti rajin mencuci tangan agar virus tidak masuk ke dalam tubuh. Mencuci tangan merupakan langkah untuk pencegahan infuenza yang disebabkan oleh virus influenza.

Baca juga:

Bahaya Infeksi Amoeba Pemakan Otak di Balik Air Banjir

Dilansir dari laman WebMD, jika kamu sudah terlanjur terserang pilek dan influenza, mencuci tangan dan membersihkan permukaan yang kotor akan mencegah penyebaran kuman terhadap orang lain.

Rajin Cuci Tangan untuk Terhidar dari Pilek saat Musim Hujan dan Banjir
Gunakan air bersih. (Foto: Pixabay/offthelefteye)

Di sebuah pusat komando pelatihan rekrutmen militer di Illinois, AS, pernah mengadakan program bernama 'Operation Stop Cough'. Dalam program tersebut, mereka merekrut orang dan meminta mereka mencuci tangan setidaknya lima kali dalam sehari.

Alhasil setelah dua tahun program ini berjalan, laporan menunjukkan bahwa kasus terkait penyakit pernapasan berkurang 45 persen dibandingkan saat program ini belum dimulai.


Baca juga:

Banjir Melanda, Waspada Leptospirosis Mengintai

Lalu, bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar? Seperti pada umumnya, cara terbaik untuk mencuci tangan adalah pertama, basahi tangan dengan air lalu gunakan sabun. Kamu tidak perlu menggunakan sabun khusus. Namun perlu diingat, tetap menggunakan air yang bersih sebelum dan sesudah makan.

Begitu juga setelah selesai dari toilet. Kemudian, gosok seluruh bagian tangan selama 20 detik. Pastikan untuk menggosok pergelangan tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku. Luangkan waktu untuk membersihkan kuman yang sering bersembunyi di bawah kuku.

Rajin Cuci Tangan untuk Terhidar dari Pilek saat Musim Hujan dan Banjir
Terdapat banyak kuman tak terlihat di toilet. (Foto: Pixabay/Roca)

Setelah selesai dilakukan, bilas tangan sampai bersih dan keringkan dengan handuk bersih, tisu, atau pengering udara. Jika ita berada di toilet umum, matikan keran dengan tangan yang sudah dilapisi tisu toilet. Kemudian, bukalah pintu toilet menggunakan bahu. Sebab tanpa disadari, kuman sangat banyak kita temui di toilet. Selamat dipraktikkan! (And)

Baca juga:

Tangani Hipotermia saat Hujan dan Banjir



Ananda Dimas Prasetya