Raja se-Nusantara Puji Langkah Gibran Revitalisasi Keraton Surakarta dan Mangkunegaran

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 16 Februari 2023
Raja se-Nusantara Puji Langkah Gibran Revitalisasi Keraton Surakarta dan Mangkunegaran
Raja dan permaisuri se-Nusantara bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Taman Pracima Tuin Puro Mangkunegaran, Rabu (15/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Puluhan raja dan permaisuri se-Nusantara yang tergabung dalam Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) beraudiensi dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Taman Pracima Tuin Puro Mangkunegaran, Rabu (15/2).

Raja yang turut hadir di antaranya PYM SPDB Edward Syah Pernong Kerajaan Adat Kepaksian Sekala Brak Lampung, Keraton Sumedang Larang, Sri Radya Lukman S; Sultan Jailolo Halmahera Barat Maluku Utara, Ahmad Syah.

Baca Juga

Iriana Jokowi akan Nikahkan Adiknya di Surabaya, Gibran: Doakan Acaranya Lancar

Kemudian YM KPH Indrokusumo Puro Pakualaman Yogyakarta; PYM Aji Bakhroen Hadi Sultan Gunung Tabur Kaltim; YM Aji Bakhrun Kes Gunung Tabur; PYM Andi Kumala Ijo Raja Gowa Sulsel, PYM Rd Handy Pangeran Raja Keraton Keprabon Cirebon, dan KPH Eddy Wirabumi Keraton Surakarta.

Pada kesempatan itu, Radya Pangawulan Sumedang Larang Khadimallah Paheutnga Darussalam, H.R.I Lukman Soemadisoeria memuji langkah Gibran merevitalisasi Puro Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Kolaborasi ini sangat baik. Kami berharap hal serupa juga dilakukan kepala daerah lain untuk merevitalisasi Kerajaan karena biayanya besar," kata dia.

Baca Juga

Tingkat Kepuasan Masyarakat Solo Capai 96 Persen di 2 Tahun Kepemimpinan Gibran-Teguh

Sementara, Gibran membenarkan adanya pembicaraan soal revitalisasi dalam pertemuan dengan MAKN. Hal ini mengacu kesuksesan Pemkot Solo revitalisasi Keraton Surakarta dan Mangkunegaran.

"MAKN apresiasi revitalisasi Pracima Tuin dan Kasunanan Surakarta direvitalisasi," kata Gibran.

Ia menambahkan pentingnya adanya kolaborasi antara pemda dan kerajaan untuk merawat aset budaya.

Gibran berharap daerah lain melakukan hal sama seperti di Solo terkait revitalisasi. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Kata Gibran soal Pertemuannya dengan Putra Prabowo Subianto

#Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan