Raja Mangkunegara IX Mantan Menantu Sukarno Dimakamkan Minggu

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 13 Agustus 2021
Raja Mangkunegara IX Mantan Menantu Sukarno Dimakamkan Minggu
Karangan bunga duka cita atas meninggalnya Raja Mangkunegara IX berjejer kawasan Pura Mangkunegaran, Jumat (13/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (70) KGPAA Mangkunegara IX atau Raja Mangkunegara IX meninggal dunia, Jumat (13/8), pukul 02.50 WIB. Pemakaman dilaksanakan pada Minggu (15/8) jam 10.00 WIB, di Astana Girilayu, Kabupaten Karanganyar, Jateng.

Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, berdasarkan rapat internal keluarga, almarhum Mangkunegara IX untuk pemakaman dilaksanakan pada Minggu akhir pekan ini. Prosesi pemakaman dilaksanakan dari Pura Mangkunegaran Solo.

Baca Juga:

Raja Mangkunegara IX Solo Meninggal

"Pemakaman (Raja Mangkunegara IX) dilaksanakan pada Minggu tanggal 14 Agustus pukul 10.00 WIB," ujar Ade pada awak media di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/8).

Dikatakannya, pihaknya menerjunkan sekitar 270 personel gabungan TNI-Polri untuk pemakaman. Jumlah personel tersebut dari berbagai satuan.

"Pengamanan juga melibatkan Polres Karanganyar karena lokasi pemakaman berada Kabupaten Karanganyar," kata Ade.

Ia mengatakan, hanya keluarga besar almarhum Raja Mangkunegara IX yang boleh melayat. Hal ini berdasarkan hasil kesepakatan dengan keluarga karena kondisi sekarang masih PPKM Level 4.

"Kami hanya menyarankan pada masyarakat, untuk pelayat hanya khusus keluarga besar. Ini untuk menghindari munculnya klaster COVID-19," kata dia.

 Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak, Jumat (13/8). (MP/Ismail)
Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak, Jumat (13/8). (MP/Ismail)

Ia mengatakan, saat ini jenazah baru diberangkatkan dari Jakarta menuju Solo pada pukul 09.00 WIB. Rencana jenazah tiba di Solo pada Jumat (13/8), pukul 15.00 WIB.

"Kami akan batasi akses masuk di Pura Mangkunegaran. Yang melayat hanya kerabat dan keluarga besar saja. Kami imbau masyarakat umum tidak perlu datang, cukup mendoakan saja," kata dia.

Plt Pengageng Kabupaten Mondropuro Pura Mangkunegaran Solo Supriyanto Waluyo membenarkan, pemakaman Raja Mangkunegara IX pada Minggu (15/8). Prosesi pemakaman dilaksanakan dengan adat Mataram sesuai tradisi trah Mangkunegaran.

"Prosesi pemakaman dilaksanakan dengan adat Mataram. Almarhum (Raja Mangkunegara IX) meninggal karena sakit jantung, bukan karena COVID-19," kata dia.

Ia mengatakan, Raja Mangkunegara IXl meninggal di kediaman pribadi. Dia memang tinggal di Jakarta bersama anaknya selama kurang lebih satu bulan terakhir.

"Beliau sakit di Jakarta sudah lama, dirawat di rumah. Kan beliau punya dokter pribadi," pungkas.

Baca Juga:

Mangkunegaran dan Keraton Surakarta Tiadakan Kirab Pusaka Malam 1 Suro

Diberitakan sebelumnya, Kabar duka datang dari Kota Solo, Jawa Tengah. Sampeyan Ingkang Jumeneng (SIJ) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya KGPAA Mangkunegara IX atau Raja Mangkunegara IX meninggal dunia, Jumat (13/8), pukul 02.50 WIB.

Raja Mangkunegara IX meninggal dunia di Jakarta. Pemakaman dilakukan di Astana Girilayu, Kabupaten Karanganyar, Jateng pada Minggu (15/8).

Mangkunegoro IX pernah menikah dengan Sukmawati Soekarnoputri, yang juga anak Presiden pertama RI, Sukarno.

Namun, pernikahan mereka berakhir dengan perceraian sebelum KGPAA Mangkunegara IX diangkat menjadi pemegang tahta Mangkunegaran Solo.

Dari pernikahan anaknya itu, Proklamator RI Sukarano dikaruniai dua orang cucu. Yakni GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara yang pernah menjadi anggota DPRD Surakarta dan GRA Putri Agung Suniwati.

KGPAA Mangkunegara IX menikah kembali dengan Sujiwakusuma. Dari pernikahannya ini tahta Mangkunegaran Solo mendapat dua keturunan, yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilasura Sudjiwo.

(Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Airlangga Ziarah ke Makam Trah Mangkunegaran Keluarga Ibu Tien Soeharto

#Breaking #Mangkunegaran #Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan