Raja Kupang: Raja dan Sultan Turut Andil dalam Perjuangan Kemerdekaan RI Raja Kerajaan Kupang, Leopold Nicolaas Isu Nisnoni. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Raja Kerajaan Kupang, Leopold Nicolaas Isu Nisnoni mengatakan pemerintah harus sadar bahwa kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia tidak lepas dari peran dan perjuangan para Raja dan Sultan.

Menurutnya, kerajaan dan keraton merupakan aset bangsa yang perlu memdapat perhatian dari pemerintah.

"Pemerintah harus sadar, kemerdekaan ada itu karena keraton, ada Raja dan Sultan kalau mereka bilang embrio saya rasa ini sudah inventaris sehingga mereka bisa memproklamirkan kemerdekaan," ucapnya, saat ditemui pada acara Festival Keraton Nusantara (FKN) di Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (16/9).

Oleh karena itu, Ia meminta ke depannya pemerintah lebih memperhatikan kebudayaan, sejarah dan badan usaha dari keraton supaya keraton tidak selalu terikat pada pemerintah.

Nicolaas melanjutkan, Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 2011 yang diatur melalui Forum Silahturahmi Keraton Nusantara (FSKN) pemerintah mulai menunjukan perhatiannya kepada kerajaan dan keraton Nusantara.

"Sekarang mulai baik, mulai ada cahaya setelah ada Peraturan Pemerintah nomor 39 dan 40 tahun 2011 yang kami atur itu melalui FSKN sudah mulai ada tanda-tanda positifnya," tuturnya.

Ke depan, pihaknya berharap perhatian terhadap kerajaan dan keraton se-Nusantara dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah lebih ditingkatkan karena Keraton, Sultan dan Raja juga adalah alat pemersatu bangsa.

"Mereka bukan warga negara kelas II, mereka juga turut dalam keberagaman dan turut menegakan Pancasila," harapnya.

Berita ini adalah hasil liputan Mauritz, reporter atau kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Untuk mengikuti hasil liputan Mauritz lainnya , baca saja: Kapolda Jabar: Pemanggilan Pertama Untuk Rizieq Hari Selasa



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH