Raja Keraton Agung Sejagat Cari Korban dari Kalangan Petani dan Ibu Rumah Tangga Muspika Kabupaten Klaten memberikan pembinaan terhadap 21 pengikut Keraton Agug Sejagat di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Sabtu (18/1) (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso mengungkapkan alasan para anggota Keraton Agung Sejagat mengikuti, Totok Santoso yang mengklaim sebagai raja hanya karena saat berbincang dengan Totok hatinya menjadi tenang.

Sementara itu, Totok dalam mencari korban memilih orang dari kalangan kelas menengah kebawah yang bekerja sebagai petani dan ibu rumah tangga.

Baca Juga

Kepala BIN Komentari Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire

"Total ada 28 pengikut Keraton Agung Sejagat yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Prambanan, Jogonalan, dan Wedi," ujar Letkol Kav Minarso kepada Merahputih.com, Minggu (19/1).

Dandim 0723/Klaten, kata dia, ikut melakukan pembinaan terhadap puluhan anggota Keraton Agung Sejagat di Klaten. Selama diberikan pembinaan, pengikut Keraton Agung Sejagat mengungkapkan bisa sampai rela bergabung hanya karena saat berbincang dengan Totok hatinya tenang.

Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso, Minggu (19/1). (MP/Ismail)
Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso, Minggu (19/1). (MP/Ismail)

"Para pengikut Keraton Agung Sejagat di Klaten tertutup dan pekerjaan mereka petani dan ibu rumah tangga. Sasarannya memang orang-orang pedesaan dengan status sosial menengah ke bawah," papar dia.

Baca Juga

Ada 28 Pengikut Keraton Agung Sejagat di Klaten, Tiap Anggota Bayar Rp100 Ribu

Pengakuan pengikut Keraton Agung Sejagat, kata dia, mereka juga membeli seragam khas Keraton Agung Sejagat senilai Rp 2 juta. Padahal menurut Dandim, estimasi harga baju seragam dipasaran habya Rp 1 juta.

"Dia (Totok) mencari untung kepada korbannya. Unsur penipuan masuk dalam kasus ini," kata dia.

Kapolsek Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, AKP Suyono mengatakan pihak Muspika Kabupaten Klaten pada Sabtu (18/1) malam, melakukan pembinaan terhadap 21 anggota Keraton Agung Sejagat di balai Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Kabupataten Klaten.

"Termasuk Mahamenteri (Wiwik Utari) Keraton Agung sejagat di Klaten juga kita berikan pembinaan," kata dia.

Baca Juga

Polres Klaten Periksa Tiga Orang Pengikut Keraton Agung Sejagat, Satu Orang Jabat Mahamenteri

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH