Raja Charles III Umumkan Nama-Nama Peraih Gelar Kehormatan Kerajaan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 03 Januari 2023
Raja Charles III Umumkan Nama-Nama Peraih Gelar Kehormatan Kerajaan
Ada 1.100 orang yang mendapatkan gelar kebangsawaan dari Kerajaan Inggris pada awal tahun ini. (Foto: YouTube/The Independent)

TAHUN baru, harapan baru. Itu jelas hal biasa buat sebagian besar orang. Namun, bagaimana kalau tahun baru justru dapat gelar baru dari Kerajaan Inggris?

Tak tanggung-tanggung, ada 1.100 orang yang mendapatkan gelar kebangsawaan dari Kerajaan Inggris pada awal tahun ini. Gelar itu diberikan oleh Raja Charles III yang menggantikan Ratu Elizabeth II.

"Pada hari Jumat, Istana merilis Daftar Kehormatan Tahun Baru 2023, mengakui orang-orang di Inggris yang telah menunjukkan layanan atau capaian teladan di bidangnya masing-masing," tulis laman people.com (30/12)

Dari 1.100 orang tersebut, lebih dari setengahnya merupakan perempuan. Demikian warta dari womanandhome.com.

Baca juga:

Tulisan Tangan Raja Charles III dan Karangan Bunga di Atas Peti Mati Ratu Elizabeth II

Penghargaan tersebut juga termasuk untuk nama-nama perempuan sohor dalam olahraga. Misalnya empat anggota tim nasional sepakbola perempuan Inggris, yaitu Leah Williamson, Lucy Bronze, Ellen White, dan Sarina Wiegman. Keempatnya dianggap berjasa membawa Lionesess, julukan timnas sepakbola perempuan Inggris merebut juara Eropa 2022.

Perempuan lainnya bukan berasal dari kalangan kesohor. Dia adalah Louenna Hood, 38 tahun, seorang pekerja rumah tangga yang mengumpulkan ribuan orang untuk membantu pengungsi Ukraina. Dia juga mengggalang dana untuk para pengungsi.

Sementara itu, nama sohor di bidang musik muncul dari gitaris Queen legendaris, Brian May. Dia dianugerahi gelar Ksatria (Knighthood). May tampil di perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth pada bulan Juni 2022. Dalam perayaan itu, Queen tampil mengesankan di atap Istana Buckingham.

May mengatakan akan menggunakan gelar itu sebagai dorongan bersikap ksatria. "Melakukan hal-hal yang diharapkan dilakukan oleh seorang kesatria - untuk memperjuangkan keadilan, untuk orang-orang yang tidak memiliki suara," kata May selaik dikutip womanandhome.com.

Baca juga:

Mahkota St. Edward untuk Penobatan Raja Charles III

gelar bangsawan dari kerajaan
Ratu satu-satunya orang yang berhak menganugerahkan gelar kehormatan kepada orang-orang yang layak dari semua lapisan masyarakat. (Foto: YouTube/News18.com)

Ada juga pengakuan internal untuk abdi dalam Kerajaan, yaitu Penasehat Istana Jason Knauf dan Sara Latham. Sebelumnya mereka menjabat sebagai Penasehat Istana Tertinggi.

Menurut situs web keluarga kerajaan yang belum diperbarui secara penuh sejak kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September, penghargaan diberikan atas dasar kebijaksanaan raja.

"Sebagai 'Fountain of Honour (Air Mancur Kebijaksanaan)' di Inggris, Ratu satu-satunya orang yang berhak menganugerahkan gelar kehormatan kepada orang-orang yang layak dari semua lapisan masyarakat, sebagai pengakuan publik atas jasa, layanan, atau keberanian mereka," tulis situs tersebut.

Penghargaan yang paling terkenal mungkin adalah MBE, OBE, dan CBE, tetapi ada banyak penghargaan lain yang diberikan Ratu selain ini, seperti The Order of Merit, atau The Order of St Michael dan St George.

Selama masa pemerintahan Ratu Elizabeth II, penerima penghargaan diumumkan dua kali setahun: saat tahun baru dan ketika ulang tahun Ratu bulan Juni.

Penghargaan kali ini adalah yang pertama dari masa pemerintahan Raja Charles III setelah pengangkatannya pada September 2022. (dru)

Baca juga:

Public Proclamation Charles Sebagai Raja Inggris, Tahapan Sebelum Penobatan

#Pangeran Charles #Ratu Elizabeth #Kerajaan Inggris #Gelar Bangsawan
Bagikan
Bagikan