Raja Bhumibol : Ahli Kami Belajar Pertanian di IPB Raja Thailand Bhumibol Adulyadej yang wafat, mengakui tenaga ahli pertanian Indonesia paling unggul.

Betapa terkejutnya Megawati Soekarnoputri, setelah melontarkan pujian kepada Raja Thailand Bhumibol Adulyadej, bahwa sektor pertanian di Thailand sangat berkembang.
Saat itu tahun 2003, Raja Thailand Bhumibol Adulyadej justru mengatakan bahwa mereka (Thailand), sebenarnya belajar dari Indonesia khususnya di IPB Bogor cara mengembangkan pertanian.

Dengan konsep Total Football, para petani di Thailand tidak berhenti hingga swasembada beras. Mereka tidak cepat puas. Justru mereka makin produktif dan semangat bekerja untuk mencapai titik kesejahteraan. Indikatornya terlihat jelas, hampir 90 persen petani di Thailand kini rumahnya sudah dibuat dengan tembok berbeda dengan Indonesia.

Buah dari mempelajari ilmu pertanian di Indonesia, Thailand kini menjadi eksportir beras teratas dengan pangsa hingga 45 persen dari total beras yang ada di pasar dunia. Di atas, Amerika Serikat, India, Pakistan, Cina bahkan Indonesia yang dulu mengajari Thailand cara bertani.

Jenis beras Thailand dari padi mutu unggul benar-benar menggeser posisi beras Ir Indonesia di dunia. Ekspor beras Thailand mampu mencetak devisa sekitar US$ 4 miliar. Dan negara anggota ASEAN itu menjadi negara pengekspor beras dunia terbesar selama 10 tahun berturut-turut.

Thailand tidak hanya unggul di produksi beras, namun juga dikomoditi lainnya seperti durian yang unggul di jenis Monthong dan Kradumthong.

Keberhasilan di bidang pertanian itu merupakan salah satu kebijakan mendiang Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej untuk mengirimkan para ahlinya untuk belajar dari negara tetangganya Indonesia.

Kini setelah 70 tahun berkuasa, bapak bangsa yang disegani karena sering jadi penengah saat terjadi masalah politik di negaranya itu, telah mendahului kita. Selamat jalan Raja Bhumibol Adulyadej. (dsyamil)

BACA JUGA :

  1. Belasungkawa Indonesia atas Meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej
  2. Tujuh Dekade Berkuasa, Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand Tutup Usia


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH