Lewat Lagu, Raisa Curahkan Rasa Rindu kepada Ibu Raisa bikin single baru (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

SOSOK seorang ibu memang tidak pernah tergantikan. Kasih sayang ibu sepanjang masa dan tak terhingga. Rasanya seorang anak tidak akan pernah bisa membayar pengorbanan ibu yang telah diberikan sejak lahir. Oleh karena itu, jasa seorang ibu patut dihargai siapa pun, terutama oleh anaknya sendiri.

Hal tersebut juga dirasakan penyanyi cantik Raisa Andriana. Ia selalu menghargai kasih sayang sang ibu. Selain itu, penyanyi 28 tahun rupanya merindukan sosok sang ibu. Maklum, semenjak berumah tangga, Raisa kini tinggal bersama sang suami, Hamish Daud. Ia harus pisah rumah dari perempuan yang melahirkannya itu. Rasa rindu pun ia curahkan melalui single terbarunya berjudul Lagu Untukmu.

Mungkin lagu yang mengangkat peran seorang ibu sudah biasa. Namun, lagu ini memiliki perbedaan dengan lagu bertemakan ibu lainnya. Makna dari lagu ini bukanlah mengenai kerinduan anak kecil kepada ibu, melainkan lebih spesifik mengenai kerinduan sang anak yang beranjak dewasa. "Jadi layernya agak berbeda dari kangennya anak-anak sama ibu," kata Raisa seusai acara temu pers dan buka bersama dengan Juni Records di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (31/5).

Lagu ini sebenarnya sudah rilis sejak 25 Mei melalui Youtube dan platform mendengarkan musik secara daring. Keseluruhan lirik lagu itu tertuju untuk sang ibu. Aransemennya juga sederhana. Dengan tempo sedang, lagu tersebut dinyanyikan dengan gaya menyanyi lagu pop ala Raisa. Benar-benar lagu yang enak didengar dan mudah dicerna liriknya.

Lagu Untukmu menggambarkan rasa rindu anak yang beranjak dewasa terhadap sang ibu (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Lagu Untukmu merupakan hasil ciptaan Raisa sendiri yang dibantu musisi Ifa Fachir. Sudah kesekian kalinya Raisa menciptakan lagu. Sebelumnya ia pernah menciptakan lagu bertajuk Kali Kedua, Teduhnya Wanita, dan LDR. Intinya bukan saja bermodal suara emas, pelantun lagu Anganku Anganmu itu memang memiliki kreativitas dalam merangkai kata ke dalam sebuah lirik.

Semua orang pasti tahu, lagu-lagu yang dimiliki Raisa identik dengan percintaan. Meskipun lagunya menceritakan tentang sang ibu, ia mengaku lagu itu tidak pernah melepaskan tema cinta yang sudah menjadi ciri khas dalam setiap lagunya. "Aku kalau nulis lagu akan selalu tentang cinta dan pasti beda-beda, even itu pacar atau juga ibu," aku Raisa.

Tentunya dalam menciptakan sebuah lagu membutuhkan proses yang cukup lama. Namun, 'Lagu Untukmu', kata Raisa, ia ciptakan hanya dalam waktu singkat tanpa kesulitan. Semua mengalir begitu saja. Ia mengaku justru mudah kata saat menciptakan lagu tanpa deadline. Artinya, ia malah menemukan kemudahan dan kelancaran saat menciptakan lagu secara spontanitas. Lagu tersebut memang ia tulis tanpa ada rencana sebelumnya.

Menangis bersama ibu

Raisa dan sang ibu sama-sama menangis saat mendengarkan Lagu Untukmu (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Tidak bisa dimungkiri, Raisa tidak kuat menahan air mata saat mendengarkan lagunya itu sendiri. Bahkan, saat memutarkan lagu tersebut dalam acara temu pers yang dihadiri Merahputih.com kemarin, Raisa menangis lagi. Raut wajahnya memang terlihat merindukan sosok ibu yang berada di Bandung.

Tangis juga dirasakan ibu Raisa saat mendengarkan lagu itu. Sang ibu sangat terharu karena mengetahui ternyata Raisa sangat merindukan dirinya. Selama ini, ibu Raisa menganggap ia tidak pernah merindukan sosoknnya karena kesibukan di dunia hiburan sebagai penyanyi. "Ibu langsung nangis juga (saat mendengarkan)," cerita Raisa.

Lebih lanjut lagi, ia juga memiliki banyak momen yang dirindukan bersama sang ibu. Menurutnya, sosok ibu bagi Raisa tidak pernah menghakimi dirinya. Segala curhatannya dan rahasianya selalu ia curahkan kepada ibunya. "Dia itu sahabat pertama aku, karena aku termasuk orang yang introvert," imbuhnya. Ditambah, Raisa juga merindukan memasak bersama dengan sang ibu.

Disebut penggemar sebagai lagu anak rantau

Lagu Raisa disebut penggemar sebagai lagu rantau (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Untuk pertama kalinya Raisa tidak memikirkan view dan rating dari lagunya yang telah rilis. Khusus Lagu Untukmu, perempuan berambut panjang itu hanya memikirkan kolom komentar dalam platform tampat lagunya bisa didengarkan. Respons para penggemar sangat positif.

Rupanya banyak penggemar Raisa yang juga merindukan sosok ibu seperti dirinya. Bahkan banyak penggemar yang bilang lagu ini seakan menjadi theme song anak rantau di Jakarta. Seperti diketahui, tidak sedikit para muda-mudi yang merantau di Jakarta demi mengadu nasib yang lebih baik. "Begitu ada satu dua orang yang nonton dan komen begitu, (lagu anak rantau) banyak yang akhirnya kasih komen serupa," paparnya.

Di masa depan, Raisa berharap lagu ini akan selalu hidup sepanjang masa. Bahkan walau nanti sang ibu telah tiada, ibunya akan selalu hidup melalui lagu ini. Intinya, sosok ibu ialah dibalik keberhasilannya sebagai penyanyi. Karena ia selalu mendapat dorongan semangat yang tak pernah putus dari sosok seorang ibu. "Semoga nantinya juga sosok ibu gue bisa hidup selamanya lewat lagu ini," harap Raisa. (Ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Raisa Senang Nyanyi Diiringi Orchestra

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH