Raih Tiga Kemenangan Beruntun, Timnas U-18 tak Remehkah Laos Timnas Indonesia U-18. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Timnas Indonesia U-18 sukses meraih tiga kemenangan beruntun di Grup A AFF Cup U-18. Meskipun demikian, skuat Garuda Nusantara tak remehkan calon lawan mereka berikutnya. Laos.

Kedua tim akan bertarung di partai keempat Grup A yang akan berlangsung di Stadion Thong Nhat, Vietnam, Senin (12/8) pukul 15.30 waktu setempat.

Baca Juga: Cerita Skuat Timnas Indonesia U-18 Rayakan Idul Adha di Vietnam

Sejauh ini, Indonesia kokoh menempatkan diri di puncak klasemen Grup A dengan raihan sembilan poin dan tersisa dua laga lagi kedepannya. Hasil kemenangan 7-1 melawan Filipina, 4-0 melawan Timor Leste dan 6-1 kontra Brunei Darussalam dan kemasukan dua gol menjadi catatan khusus bagi pelatih kepala, Fakhri Husaini.

“Kemasukan dua gol sejauh ini saya rasa karena kurangnya komunikasi dan disiplin dalam bertahan antara pemain belakang dan kiper. Ini pelajaran untuk mereka, terutama untuk pemain yang baru diturunkan, serta kiper. Saya juga katakan ke pemain untuk terus fokus dan konsentrasi sepanjang pertandingan. Jangan merasa nyaman karena sudah mencetak gol banyak lebih dulu,” ujarnya dilansir laman resmi PSSI, Minggu (11/8)

Timnas Indonesia U-18. Foto: PSSI
Timnas Indonesia U-18. Foto: PSSI

Baca juga: Timnas Indonesia U-18 Berpeluang Lolos ke Semifinal, Fakhri Husaini Enggan Memikirkan Potensi Lawan

Mantan pemain PKT Bontang itu berharap para pemainnya bisa belajar cepat dari kesalahan yang sudah mereka perbuat. “Saya harap mereka bisa cepat belajar dari kesalahan itu,” ucapnya.

Terkait calon lawannya, Fakhri menilai Laos patut diwaspadai. Sebab, mereka sudah mengoleksi dua kemenangan, saat mereka melawan Brunei dan Filipina. Oleh karena itu, ia meminta anak asuhnya tidak mengendurkan serangan, tetap tampil agresif seperti, menyerang, bermain efektif dalam bertahan dan saat menyerang.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-18 Sikat Brunei 6-1, Fakhri Husaini Bersyukur dengan Catatan

“Hanya saja rotasi mungkin disini diperlukan, dengan lebih dahulu melihat kondisi terakhir pemain. Itu salah satu cara kami menyiasati jadwal padat di AFF ini,” pungkasnya. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH