Raih Kesuksesan Paripurna, Ayo Jaga Attitude Kamu! Sikap positif dorong kesuksesan paripurnamu. (Foto: Pixabay/1556045)

BUKAN cuma penampilan yang mesti paripurna. Kesuksesanmu juga wajib paripurna. Enggak usah langsung grasak-grusuk nyari buku-buku manajemen sumber daya manusia untuk mendapatkan tips sukses paripurna.

Merahputih.com sudah menyiapkan tipsnya buat kamu. Kuncinya adalah jaga attitude kamu! Matra edisi 2003 melansir, attitude merupakan sikap atau perilakumu dalam menghadapi persoalan secara mental-spiritual.

Sikap ini terkait erat dengan caramu mengomunikasikan perasaan kepada orang lain, mengendalikan stres, mengatur jadwal. Dan yang terpenting, menjaga keseimbangan karier, keluarga dan kehidupan pribadi.

Attitude positif akan membantumu menyikapi setiap perubahan secara bijaksana. Kamu juga tidak bakal bereaksi negatif yang merugikan diri sendiri. Banyak tokoh terkenal berhasil membuktikan efek positif memiliki keterampilan menjaga sikap. Bisa tebak?

Nih jawabannya. Pertama, Mahatma Gandhi. Ia berprinsip “Ketika benar, kamu tidak perlu marah. Ketika salah, kamu wajib marah.”

Kedua, Martin Luther King. Ia pernah mendapatkan pelajaran berharga dari seorang penjual balon. Ketika Martin bertanya apakah balon hitam akan terbang jika dilepaskan, sang penjual malah menjawab bukan warnanya yang menerbangkan balon. Akan tetapi, apa yang ada di dalamnya yang membuat balon terbang.

Ketiga, filsuf Prancis Blaise Pascal. Ia selalu menyarankan agar menjadi orang yang lebih baik. Dengan begitu, kamu bakal memiliki pemikiran seperti dia.

Lantas, bagaimana teknik memiliki sikap positif? Begini caranya.

Komitmen

Berkomitmenlah untuk memiliki sikap positif. Dengan begitu, kamu akan tetap bereaksi baik saat berada pada kondisi apapun. Ambil contoh saat kamu kehilangan pekerjaan. Ketika kamu berpikir positif, kamu akan menganggapnya sebagai peluang untuk melakukan hal yang lebih besar dan brilian!

Ritual pagi

Jika kamu bukan karyawan dengan shift malam, tetapkan ritual pagimu. Jangan tidur di pagi hari! Rezekimu bisa dicaplok ayam, kalau kata orangtua zaman dahulu. Cobalah bangun pagi. Nyalakan lagu Bon Jovi, ‘It’s My Life’. Setelah itu membaca atau mendengarkan sesuatu yang positif. Lakukan aktivitas ini 15 menit setiap hari. Kemudian rasakan bedanya setelah satu bulan!

Isi otak

Jika hape diinstal aplikasi, otakmu bisa diisi dengan bacaan, audio dan video. Ada banyak buku, audio dan video yang dapat menginspirasimu. Baca, dengarkan dan tonton agar kamu mendapatkan emosi dan pengalaman positif. Kamu dapat melakukannya di pagi hari atau sambil berolahraga, makan, bepergian, masak, dan membersihkan rumah. Selalu ada waktu untuk mendapatkan nilai-nilai positif dalam hidup!

Kata-kata positif adalah kunci

Sedikit perubahan pada kata-kata yang kamu lontarkan akan mengubah pola pikir dan cara kamu bereaksi. Ketika seseorang menyapa dan menanyakan kabarmu, kamu biasa menjawab “baik” atau “buruk”? Mulai sekarang, selalu jawab dengan kata-kata ini: “bagus”, “fantastis”, dan “penuh kejutan menyenangkan”. Kata-kata tersebut akan senantiasa mengingatkan kalau hidup benar-benar indah dan penuh kejutan indah. Bukan cuma itu. Kamu juga bisa menginspirasi orang dengan jawaban tersebut.

Hangout dengan orang positif

Tidak ada salahnya memilih teman. Hangout lah dengan orang-orang positif. Dengan begitu, kamu akan senantiasa terbawa berpikir positif. Jika ingin hidup sehat, bergaul lah dengan orang sehat. Ingin memulai berbisnis? Hangout dengan pengusaha! Dan kalau ingin senantiasa berpikir positif, ya kamu tentu saja harus sering berkumpul dengan orang-orang dengan pola pikir positif.

Sikap positif lain yang perlu dijaga adalah berterima kasih, membingkai ulang tantangan, berpikir positif pada penolakan, tarik nafas, dan jangan biarkan kritik mengganggu hidupmu. Siap mendapatkan kesuksesan paripurna? Mulai sekarang, jaga sikap positifmu! (Rin)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH