Rahasia Umur Panjang yang Bisa Kamu Coba Gambaran pertumbuhan hidup manusia. (Pixabay/bogitw)

SELAMAT ulang tahun dan semoga panjang umur. Begitulah kiranya bunyi doa yang selalu datang disetiap hari perayaan ulang tahun kamu. Namun faktanya seiring berjalannya waktu, masa hidup manusia semakin ke sini semakin pendek.

Tapi, ada di beberapa negara yang sebagian besar masyarakatnya masih berumur panjang. Seperti,Jepang, Eropa Selatan, dan Spanyol adalah beberapa di antaranya. Panjangnya usia rata-rata penduduk di wilayah tersebut diduga berhubungan dengan diet dan gaya hidup mereka.

Apa sajakah gaya hidup yang dimaksud? Berikut merahputih.com akan memaparkan hal-hal yang diduga bisa memperpanjang umur seseorang seperti dilansir dari Go-Dok;

1. Diet ala Jepang

Diet ala Jepang. (Instagram/@haruchan________)
Diet ala Jepang. (Foto: Instagram/@haruchan___)

Rahasia umur panjang masyarakat Jepang adalah dengan diet. John Beard, Direktur Aging and Life-course dari World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa sebagian besar penyebab orang-orang Jepang rata-rata memiliki umur di atas 64 tahun adalah diet tradisional mereka.

Diet yang dimaksud mencakup banyak makanan berbahan ikan segar dan sayuran, dikombinasikan dengan daging berlemak rendah. Selain itu, infrastruktur kota yang lebih hijau serta banyaknya kegiatan luar seperti berolahraga yang dilakukan penduduk Jepang juga salah satu kunci umur panjang mereka.

2. Diet ala Mediterania (Eropa Selatan)

Makanan Diet ala Mediterania. (Instagram/@mzgieawakening)
Makanan Diet ala Mediterania. (Foto: Instagram@mzgieawakening)

Rahasia umur panjang di Eropa Selatan. Lebih dari setengah populasi penduduknya dapat diharapkan mencapai umur yang lebih panjang dari 80 tahun. Diet ala Mediterania berperan besar dalam hal ini.

Diet tradisional yang dimaksud terdiri dari sedikit porsi minuman anggur, sayuran segar, minyak zaitun, dan daging berlemak rendah. Tentu saja, aktivitas fisik yang konsisten dilakukan juga berpengaruh besar. Orang-orang yang mengikuti diet ini, terbukti tetap sehat hingga hari tuanya baik secara fisik maupun mental.

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH